BERANDA BISNIS

Berikan Customer Navigasi

Berikan Customer Navigasi
 

Oleh Firman Cecak

Aspek fungsional menjadi awal untuk membuat mereka akhirnya benar-benar peduli brand Anda. Ada aspek emosional yang ingin mereka peroleh ketika berinteraksi dengan principal. Dan, mungkin ini juga sempat Anda pikirkan, yaitu mereka ingin merasa menjadi bagian dari komunitas Anda, yang isinya bukan hanya Anda tetapi juga orang lain yang sama-sama menjadi customer Anda. Lalu, bagaimana cara berinteraksi yang tepat dengan customer Anda? Bagaimana mengolah informasi-informasi yang diberikan menjadi benefit untuk customer?

Yang perlu Anda lakukan adalah membantu menyederhanakan jalan mereka menuju keputusan pembelian. Bukan mempersulit dengan banyaknya informasi yang Anda sampaikan. Apa saja yang perlu dilakukan?

Seorang customer yang mencari sebuah mobil sedan terbaru melakukan search di Google dengan mengetik “mobil sedan terbaru”, lalu muncul website dengan peringkat teratas adalah website sebuah brand mobil Jepang, sementara untuk website peringkat kedua adalah sebuah blog pecinta mobil sedan dengan berbagai ulasan mobil sedan dari beberapa brand. Dia memilih untuk mengklik blog pecinta sedan tersebut. Sayarng sekali, di halaman blog tersebut, brand mobil sedan asal Korea yang terpasang sebagai iklan, bukan brand asal Jepang tadi. Kemudian customer mengklik iklan tersebut. Andaikan brand mobil sedan asal Jepang itu adalah company Anda. Baru saja Anda kehilangan potensi untuk mendapatkan seorang customer.

Anda gagal menavigasi mereka untuk menuju ke keputusan pembelian.

Untuk memberikan navigasi bagi customer, Anda harus terlebih dahulu memetakan rute proses pencarian informasi mereka sampai ke proses purchase. Setelah berhasil diidentifikasi, tentukan rute yang paling sering dipilih sebagian besar customer, boleh lebih dari satu jenis rute, lalu tempatkan brand Anda di rute merek berlebihan di mana-mana.

Ini akan lebih efisien dibanding Anda pasang iklan

Navigasi sederhana di mata customer ini tidak sesederhana apa yang perlu Anda lakukan di balik layar. Penggunaan big data dan analisis canggih diperlukan untuk mengarahkan mereka ke situs brand Anda. Dan, yakinlah itu layak dilakukan.

Facebook Comments

Tambah Komentar

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: