BERANDA BERITA EKONOMI UMMAT UTAMA

Ekonomi Islam RI Berkembang Pesat

 

Jakarta, Hajinews.id – Ekonomi Islam di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan. Berdasarkan The State of Global Islamic Economy (SGIE), Indonesia berhasil memperbaiki peringkatnya menjadi keempat.

CEO Dinard Standar Rafiuddin Shikoh mengatakan, dalam pengembangan industri halal, Indonesia mengalami peningkatan signifikan dibandingkan negara lain. Bahkan masa pandemi Covid-19 menjadi momentum kebangkitan ekonomi halal.

“Indonesia memiliki kemajuan yang pesat di lingkaran ekonomi Islam global di berbagai sektor, seperti keuangan, makanan dan minuman, farmasi, kosmetik, fesyen, pariwisata, dan media rekreasi,” kata Rafiuddin dalam keterangannya, Selasa (17/11).

Setiap tahun Dinar Standrard mengeluarkan SGIE Report yang merupakan laporan perkembangan ekonomi Islam global. Peluncuran SGIE Report tahun ini dilaksanakan di beberapa kota di berbagai negara, termasuk di Indonesia yang diselenggarakan oleh Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC) di Jakarta Selasa.

Selain Indonesia, SGIE Report diluncurkan di kota pusat Dinar Standard di Dubai (16 November 2020), Kuala Lumpur, Malaysia (18 November 2020), Rabat, Maroko (19 November 2020), London, Inggris (20 November 2020), dan Madrid, Spanyol (23 November 2020).

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menyampaikan terima kasih atas diterbitkannya SGIE Report, yang kini sudah memasuki edisi kedelapan. Menurutnya, SGIE Report 2020/2021 merupakan salah satu acuan penting yang fokus memberikan informasi dan analisis terkini dalam pengembangan ekonomi Islam global.

“Melalui laporan ini, antar negara dapat saling mengetahui posisinya saat ini, potensi yang dimiliki, serta kebutuhan yang diperlukan untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah,” ujar Kiai Ma’ruf Amin.

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: