BERANDA BERITA CORONAVIRUS EKONOMI UTAMA

5 Kesalahan yang Membuat Usaha Bangkrut di Masa Pandemi

 

Jakarta, hajinews.id – Tidak ada seorangpun yang akan memulai bisnis dengan harapan akan gagal. Sebab menjadi sukses dalam berbisnis memang membutuhkan banyak perencanaan yang tepat. Namun di masa pandemi seperti sekarang ini ada banyak usaha kecil dan menengah (UKM) terpaksa gulung tikar karena sudah tidak mampu lagi bertahan di tengahnya pandemi Covid-19. Nah, maka dari itu, mari kita cari tahu kesalahan-kesalahan apa yang mengakibatkan bisnis Anda bangkrut. Berikut adalah 5 kesalahan yang membuat usaha bangkrut di masa pandemi, yang dilansir dari Okezone.

1. Manajemen yang Buruk

Anda perlu mengetahui jika bekerja tanpa standar atau sistem, komunikasi yang buruk, dan kurangnya umpan balik akan mengakibatkan bisnis Anda tidak akan bertahan lama di masa pandemi ini.

2. Kemampuan untuk Belajar dari Kegagalan

Kita semua tahu bahwa kegagalan dalam memulai bisnis baru akan mempengaruhi Anda, namun pada kenyataannya jarang sekali pebisnis belajar dari kegagalan. Secara realistis, bisnis yang gagal bisa terjadi karena berbagai alasan. Seringkali pengusaha tidak menyadari kesalahan mereka.

3. Tidak ada Diferensiasi

Tidaklah cukup untuk memiliki produk yang hebat saja. Anda juga harus mengembangkan proposisi nilai yang unik, tanpa Anda akan tersesat di antara persaingan. Apa yang membedakan bisnis Anda dari pesaing? apa yang membuat bisnis Anda unik? Penting bagi Anda untuk memahami apa yang dilakukan pesaing Anda lebih baik dari Anda. Jika gagal membedakan, Anda akan gagal membangun merek.

4. Kurangnya Modal

Dikutip dari okezone.com, kurangnya modal menyebabkan ketidakmampuan untuk menarik investor. Kekurangan modal adalah tanda yang mengkhawatirkan. Ini justru menunjukkan bahwa bisnis Anda bisa jadi tidak dapat membayar tagihan, pinjaman, dan komitmen keuangan lainnya. Kekurangan modal membuat sulit untuk mengembangkan bisnis dan dapat membahayakan operasi sehari-hari.

5 Mengabaikan Kebutuhan Pelanggan

Setiap bisnis akan memberi tahu Anda bahwa pelanggan adalah nomor satu, tetapi hanya sebagian kecil yang bertindak seperti itu. Kebanyakan dari bisnis yang gagal juga dikarenakan mereka kehilangan kontak dengan pelanggan mereka.

Lantas apa yang harus dilakukan agar bisnis bertahan ditengah pandemi?. Berikut beberapa tips yang bisa membuat bisnis anda bertahan di tengah situasi pandemi virus corona, seperti dilansir dari tempo.co

1. Beralih ke iklan digital.

Beriklan di media digital, low budget namun high impact, mengoptimalkan keterbatasan budget yang dimiliki oleh bisnis anda dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat sasaran.

2. Change the strategy, not the budget.

Jangan pernah berhenti beriklan meskipun di dalam situasi krisis, namun ubah strateginya dari hard selling menjadi soft selling dengan menggunakan konsep story telling yang menyentuh sisi emosional konsumen, seperti mengangkat isu-isu sosial yang bisa memberikan efek positif.

3. Don’t think outside the box. Think like there is no box.

Buatlah strategi pemasaran yang kreatif. Memang tidak mengarahkan kepada proses pembelian secara langsung, namun iklan yang diingat oleh konsumen pada masa krisis akan membuat bisnis tetap kuat dan lebih cepat pulih, bahkan setelah krisis ini berakhir.

 

 

 

Facebook Comments

Tambah Komentar

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: