BERANDA BERITA DAKWAH KISAH RASULULLAH UTAMA

5 Keistimewaan Aisyah sebagai Istri Nabi Muhammad SAW

 

Hajinews.id – Semua istri Nabi Muhammad SAW merupakan seorang janda, kecuali Aisyah.Di antara banyak istrinya, nama Aisyah binti Abu Bakar cukup populer dan menjadi panutan bagi umat Islam saat ini selain Khadijah binti Khuwailid. Aisyah, anak Ummu Rumah binti Amir bin Uwaimir, merupakan istri ketiga Nabi Muhammad SAW. Menurut beberapa sumber, Nabi Muhammad SAW menikahi Aisyah dalam keadaan masih gadis.

Aisyah yang memiliki paras cantik ini memiliki sejumlah keistimewaan seperti dilansir dari kumparan.

1. Wanita paling dicintai Nabi Muhammad SAW

Amr bin Ash bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, “Siapakah manusia yang paling engkau cintai?”

“Aisyah,” jawab Nabi Muhammad SAW.

“Dan dari kalangan laki-laki?”

“Ayahnya! (Abu Bakar ash-Shiddiq),” jawab beliau.

Meskipun banyak kalangan yang menolak keshahihan hadist tersebut, tetapi kedua insan mulia tersebut mendapatkan tepat paling istimewan bagi Nabi Muhammad SAW.

2. Aisyah satu-satunya gadis yang dinikahi Nabi Muhammad SAW

Beruntungnya Aisyah, dirinya adalah satu-satunya istri Nabi Muhammad SAW yang dinikahi saat masih muda dan paling banyak ilmunya di tengah umat.

3. Istri Nabi Muhammad SAW yang ditampakkan malaikat

Sebelum dinikahi Nabi Muhammad SAW, Aisyah rupanya pernah ditampakkan oleh malaikat sebanyak dua kali kepada Nabi Muhammad SAW.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dari Aisyah, Nabi Muhammad SAW mengatakan beliau pernah bermimpi melihat malaikat menyerahkan sesuatu kepadanya di balik sehelai sutra. Ketika ditanya, malaikat menjawab itu adalah istrinya, Aisyah.

4. Dijanjikan ampunan dan rezeki oleh Allah SWT

Allah SWT pernah memberikan janji kepada Aisyah ketika dirinya menjadi istri Nabi Muhammad SAW.

“Orang yang mulia dari kalangan laki-laki banyak, tetapi yang mulia dari kalangan perempuan hanyalah Maryam binti Imran; dan Asiyah, istri Fir’aun. Dan keutamaan Aisyah atas semua wanita seperti keutamaan tsarid atas segala makanan.” (HR Bukhari)

5. Memiliki kepandaian diberbagai bidang

Selain menjadi perawi hadist, Aisyah juga dikenal sebagai seorang yang pandai dalam ilmu fikih, pengobatan, dan sastra serta mengoreksi pernyataan para sahabat soal sabda atau tindakan Nabi Muhammad SAW yang kurang sesuai.

Aisyah yang merupakan istri Nabi Muhammad SAW memiliki banyak keistimewaan bukan? Olehkarena itu, kita sebagai muslimah seyogyanya menjadikannya panutan.

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: