Kabar Baik! Makan Pedas Bikin Panjang Umur

banner 500x500

banner 800x800

banner 800x800

Hajinews.id – Makan nasi tanpa sambal rasanya hambar. Bagi penyuka makanan pedas, rasa pedas membuat makanan terasa lebih lezat sehingga menimbulkan rasa nagih ingin nambah lagi. Nah kabar baik bagi anda yang menyukai makanan pedas, karena ternyata makanan pedas bisa membuat panjang umur. Kok bisa ya? Simak penjelasan menurut ahli yang dikutip dari sajiansedap.com.

Kenapa orang yang suka makan pedas bisa panjang umur? Peneliti dari Cleveland Clinic menyebutkan sebanyak 26 persen orang yang makan cabai kemungkinannya kecil meninggal karena penyakit jantung. Tak hanya itu, sebanyak 23 persen lebih kecil meninggal karena kanker dibandingkan dengan orang yang jarang atau tidak pernah makan cabai.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Para peneliti menganalisis data mengenai cabai dan hubungannya dengan kesehatan ribuan orang di AS, Italia, Cina, dan Iran.

“Kami terkejut ketika mengetahui bahwa mengonsumsi cabai secara teratur dapat mengurangi risiko kematian karena penyakit kardiovaskular dan kanker.” Demikian dikatakan oleh penulis senior dari penelitian tersebut yang juga merupakan ahli jantung dari Cleveland Clinic, Dr Bo Xu.

Kendati demikian, belum jelas seberapa banyak dan seringnya makan cabai, serta jenis cabai apa yang perlu dimakan untuk dapat merasakan manfaatnya. Sehingga, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami cara kerjanya.

Di sisi lain, sebuah penelitian sebelumnya mendapati cabai dapat mengurangi peradangan, menurunkan risiko penyakit, menghilangkan rasa sakit, membantu orang menurunkan berat badan, dan mencegah penurunan kognitif di usia lanjut.

Semua manfaat ini terkait dengan bahan kimia tertentu yang ditemukan secara alami dalam cabai yakni capsaicin, senyawa yang bertanggung jawab atas sensasi pedas dari cabai. Sensasi pedas saat makan cabai terjadi karena capsaicin mengikat reseptor rasa sakit di tubuh dan mendorong pelepasan hormon dalam tubuh yang dapat menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan metabolisme dan pencernaan. (Sitha/diolah dari berbagai sumber).

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *