5 Perawatan Tubuh Wanita yang Disunnahkan dalam Islam



banner 500x500

banner 800x800





Hajinews.id – Merawat tubuh merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan oleh islam, terlebih untuk seorang wanita. Sebagaimana yang dilansir hajinews.id dari kanal YouTube Doa Pedia, berikut ini adalah 5 perawatan tubuh untuk wanita yang disunnahkan dalam Islam.

1. Mencukur Bulu atau Rambut yang Berlebih

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Perawatan tubuh pertama untuk wanita yang dianjurkan dalam islam adalah mencukur bulu atau rambut yang berlebih. Sebagaimana hadist dari Anas bin Malik, Rasulullah saw Bersabda, “Telah ditentukan batas waktu untuk kita mencukur kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, dan memangkas bulu kemaluan; jangan sampai kita membiarkannya lebih dari empat puluh malam (hari),” (HR. Muslim). Dalam hadist tersebut mencukur bulu atau rambut ditekankan pada bulu ketiak dan bulu kemaluan. Terlebih bagi seorang perempuan yang sudah menikah, maka sangat dianjurkan untuk melakukannya. Karena apabila diniatkan untuk menyenangkan suami, maka ia akan mendapatkan pahala.

2. Memotong Kuku

Selain mencukur bulu atau rambut yang berlebih, perawatan tubuh yang dianjurkan untuk wanita dalam islam yang selanjutnya adalah memotong kuku. Dikutip dari portaljember.com, perawatan yang satu ini sangat penting sekali untuk dilakukan, agar senantiasa sehat. Karena sebagaimana yang diketahui kuku yang panjang merupakan salah satu tempat bersemayamnya kotoran. Selain itu dengan memotong kuku, bisa menghindari menyakiti orang lain saat berinteraksi serta terhindar dari kesan menjijikan. Waktu yang dianjurkan untuk memotong kuku dalam Islam adalah hari Jumat.

3. Merawat Rambut

Sebagaimana yang sudah diketahui ada ungkapan bahwa rambut merupakan mahkota dari perempuan. Maka dari itu, merawat rambut adalah salah satu perawatan tubuh untuk wanita yang sangat dianjurkan oleh islam.Meskipun memakai hijab, akan tetapi perawatan rambut tidak boleh diabaikan. Perawatan yang bisa dilakukan pun sangat sederhana yakni dengan rajin keramas, memberikan vitamin pada rambut, dan menyisirnya.

4. Menggosok Gigi

Kebersihan mulut terutama gigi merupakan salah satu perawatan yang sagat dianjurkan untuk dilakukan oleh semua orang, salah satunya dengan menggosok gigi. Gigi yang bersih selain menyehatkan tentu akan membuat orang lain sebagai lawan berinteraksi terasa nyaman. Maka dari itu, perawatan yang satu ini sangat dianjurkan.Waktu yang dianjurkan untuk menggosok gigi menurut Imam Nawawi adalah saat hendak melakukan shalat, berwudhu, membaca alquran, bangun tidur, dan dan saat terjadi perubahan bau mulut akibat makan, puasa, bicara, atau hal lainnya.

5. Membersihkan Diri dengan Air

Perawatan tubuh terakhir untuk wanita yang dianjurkan dalam Islam adalah membersihkan diri dengan air. Perawatan yang satu ini terbagi menjadi tiga bagian yakni menghirup air ke hidung dan berkumur, membasuh sela-sela jari, serta istinja. Ketiga hal tersebut sangat penting sekali dilakukan agar kebersihan senantiasa terjaga.

Itulah 5 perawatan tubuh untuk muslimah yang dianjurkan dalam Islam. Dengan melakukan perawatan tubuh tersebut, selain mendapatkan pahala, kesehatan tubuh pun akan senantiasa terjaga.

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *