Pengidap Diabetes, Kalau Mau Hidup Sehat Ikuti 5 Cara Simpel Ini

Pengidap Diabetes, Kalau Mau Hidup Sehat Ikuti 5 Cara Simpel Ini
buah dan sayuran
banner 500x500

banner 800x800

banner 800x800

Pengidap Diabetes, Kalau Mau Hidup Sehat Ikuti 5 Cara Simpel Ini

Hajinews.id – Membuat pilihan makanan sehat penting untuk fisik dan mental dapat membantu meningkatkan kinerja kognitif, komposisi tubuh, dan mencegah masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung dan seterusnya.

Makan sehat bukanlah tentang pembatasan diet yang ketat, melainkan membuat pilihan makanan yang cerdas dengan memasukkan berbagai nutrisi yang membantu meningkatkan tingkat energi Anda.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Untuk mempertahankan gaya hidup sehat, Anda perlu mengikuti Formula 5E yang mencakup 5 tips dasar dan sederhana yang menjadi fondasi hidup sehat. Apa saja?

1. Sertakan 4 sehat 5 sempurna

Salah satu tips terpenting dari makan sehat adalah memasukkan lima kelompok makanan utama ke dalam makanan Anda.

Kelima kelompok makanan tersebut adalah buah-buahan, sayur-sayuran, protein, karbohidrat dan lemak makanan.

Buah dan sayuran kaya akan mikronutrien dan makronutrien esensial yang telah terbukti melindungi dari penyakit kronis dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

2. Makanlah lima porsi buah dan sayuran setiap hari.

Protein, yang dikenal sebagai bahan penyusun tubuh adalah kelompok makanan penting lainnya yang harus menjadi bagian dari makanan Anda.

Protein terbuat dari asam amino yang membantu dalam membangun sel dan memperbaiki jaringan.

Makanan yang kaya protein adalah ayam, telur, ikan, kacang-kacangan, lentil, produk susu, kacang-kacangan dan biji-bijian. Karbohidrat memberikan bahan bakar dan energi bagi tubuh.

3. Lakukan diet pelangi

Diet pelangi terdiri dari buah-buahan dan sayuran dengan berbagai warna yang dikemas dengan nutrisi penting. Konsumsi berbagai buah dan sayuran berwarna merah, kuning, oranye, hijau, biru, ungu dan putih.

Beberapa buah dan sayuran berwarna merah, ungu dan biru karena adanya pigmen yang larut dalam air yang disebut antosianin.

Antosianin ini menunjukkan efek anti-inflamasi, antikanker, anti-diabetes, dan antimikroba dan juga telah terbukti mencegah risiko penyakit jantung dan obesitas.

Beberapa makanan berwarna merah, biru dan ungu termasuk tomat, paprika merah, blueberry dan elderberry.

Beberapa studi menunjukkan bahwa karotenoid yang memberi warna pada buah dan sayuran kuning atau oranye dapat membantu melindungi dari masalah kesehatan kronis.

Makanan berwarna oranye atau kuning adalah buah jeruk, wortel, labu, ubi jalar dan persik, untuk beberapa nama.

Buah dan sayuran berwarna hijau mengandung pigmen tumbuhan yang disebut klorofil yang telah terbukti memiliki beberapa khasiat yang bermanfaat.

Beberapa makanan berwarna hijau adalah bayam, brokoli, asparagus, kubis hijau dan kiwi. Antoksantin adalah pigmen yang menghasilkan warna putih.

Kentang, kembang kol, jamur, lobak, dan bawang putih adalah beberapa makanan berwarna putih yang memiliki sejumlah khasiat untuk kesehatan.

4. Batasi makanan tinggi gula

Makanan dan minuman tinggi gula seperti kue kering, biskuit, dan soda mengandung gula tambahan yang terbukti meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, diabetes, hati berlemak non-alkohol, dan peningkatan tingkat tekanan darah.

Jadi, untuk menjalani gaya hidup sehat batasi asupan makanan tinggi gula tambahan.

5. Minum banyak air

Minum banyak air sangat penting untuk memfungsikan tubuh. Tidak minum cukup air menyebabkan dehidrasi dan berdampak negatif pada kesehatan Anda.

Jadi, minumlah setidaknya tujuh hingga delapan gelas air setiap hari untuk menghidrasi tubuh Anda.

Sumber : Genpi

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Komentar