BERANDA BERITA KESEHATAN UTAMA

Awas! Menggunakan Sandal Jepit Ternyata Berbahaya

   

Jakarta, hajinews.id –  Sandal jepit merupakan alas kaki yang paling favorit di masyarakat Indonesia. Dengan iklim tropis dan suhu yang panas, alas kaki ini selalu dipilih untuk beraktivitas sehari-hari agar kaki tidak mudah berkeringat.

Meski nyaman, ternyata ada sejumlah masalah yang bisa timbul karena menggunakan alas kaki ini.Mau tahu apa saja bahayanya menggunakan sandal? Berikut ini rangkumannya yang dikutip dari genpi.co

1. Merusak Postur Tubuh
Menggunakan sandal jepit terlalu lama bisa merusak postur tubuh. Hal ini dikarenakan sandal jepit jarang memiliki bantalan dan cenderung datar, sehingga dapat mengubah biomekanik tubuh dan memengaruhi postur tubuh.

2. Mudah Cedera
Sandal jepit merupakan alas kaki yang tidak memiliki bantalan tumit dan proteksi yang tinggi.Walaupun mudah digunakan, namun anda juga harus memerhatikan kaki kamu agar tidak keseleo jika terjatuh saat berjalan.

3. Menyebabkan Kerusakan Jari
Menurut seorang ahli tulang Dr Rana K, mengenakan sandal jepit bisa menyebabkan hammertor yang bisa menyebabkan jari kaki menekuk secara permanen.Hal ini terjadi karena jari-jari bekerja lebih keras untuk mencengkeram sandal jepit.

4. Mengandung Bahan Beracun
Biasanya sandal terbuat dari karet, sandal jepit kemungkinan mengandung bahan beracun seperti lateks yang bisa menyebabkan alergi atau BPA.Selain itu, racun ini kemungkinan juga bisa menyebabkan kanker.

5. Mudah Tergigit Serangga
Sandal jepit hanya memiliki sedikit bagian yang bisa menutupi kaki. Karena itu kamu harus menggunakan lotion agar tidak mudah tergigit serangga, sekaligus melindungi kaki agar tidak langsung terpapar oleh sinar matahari.

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: