BERANDA BERITA KISAH RASULULLAH SEJARAH ISLAM UTAMA

Inilah Sumur Legenda, Tempat Rasulullah Mandi Sebelum Taklukkan Makkah

   

Hajinews.id- Tempat-tempat bersejarah Islam di Kota Makkah selalu membuat penasaran publik. Salah satu tempat bersejarah yang menarik dibahas ialah Bir Tuwa atau Sumur Tuwa.

Sumur Tuwa terletak di kawasan Jarwal, Kota Makkah, Arab Saudi. Sumur ini merupakan sumur bersejarah lantaran terdapat kisah menarik tentang Rasulullah saat hendak menaklukkan Makkah.

Lalu seperti apa ya kira-kira kondisi Sumur Tuwa saat ini?

Nah kondisi terbaru Sumur Tuwa ini terlihat melalui tayang video di channel YouTube Alman Mulyana. Diceritakan Alman, jika Sumur Tuwa tersebut pernah digunakan Rasulullah mandi sebelum masuk ke Masjidil Haram

Dilansir dari malangtimes.com, Kala itu, Rasul bersama 10 ribu sahabat datang dari Kota Madinah pada tahun 8 hijriah. Tujuan Rasul datang ke Makkah yakni untuk menaklukkan Makkah yang saat itu masih berada di bawah kekuasaan orang-orang Quraisy.

Sebelum menuju Masjidil Haram, rasul pun sempat singgah di sumur itu. Rasul bermalam, mandi dan melaksanakan salat di Sumur Tuwa tersebut.

Diceritakan juga sekiranya di waktu Dhuha, Rasul membagi pasukan untuk menaklukkan Makkah. Rasul lantas mengutus salah seorang sahabat untuk memimpin perang tersebut.

Di situ juga Rasul mengatur strategi untuk membagi pasukan hingga akhirnya mereka berhasil masuk ke Masjidil Haram. Hingga kini, Sumur Tuwa itu pun masih terjaga.

Terlihat di video itu tampak sebuah bangunan warna putih seperti masjid yang dikelilingi dengan pagar. Di dalam bangunan itu terdapat Sumur Tuwa yang digunakan Rasul mandi sebelum menuju ke Masjidil Haram.

Alman pun berusaha untuk mengambil gambar di dalam bangunan tersebut melalui jendela bagian atas lantaran pintu yang dikunci rapat. Setelah berhasil mengambil gambar terlihat sebuah sumur yang ditutup dengan layaknya besi berbentuk lingkaran.

Masih di lansir dari malangtimes.com, Dikisahkan jika sejak rasul mandi di sungai itu, air yang ada di dalamnya tampak selalu penuh dan jernih.

 

 

 

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: