BERANDA BERITA INFO HAJI & UMROH UTAMA

Inilah 14 Prosedur Kesehatan Yang Harus Dipenuhi Calon Jemaah Umrah Tahap 3

   

Hajinews.id – Pelaksanaan umrah tahap 3 kembali dibuka pada 1 November 2020 mendatang, setelah sempat ditangguhkan sejak karena adanya pandemi virus Covid-19.

Pada tahap ini, Arab Saudi dijadwalkan akan memberi kesempatan jemaah dari luar negaranya. Seiring dengan hal itu, Kementerian Agama Republik Indonesia menyiapkan beberapa skema perlindungan jika jemaah Indonesia juga diizinkan melaksanakan ibadah umrah.

“Bapak Menteri Agama memberi arahan agar kami menyiapkan skema pelindungan, pelayanan, dan pembinaan. Yang penting kita siap ketika Indonesia diperbolehkan kirim jemaah. Karena ini bagian dari pelayanan,” terang Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Oman Fathurahman di Jakarta, Sabtu (24/10) sebagaimana diberitakan kemenag.go.id

Hanya saja, berbeda dari biasanya, akibat pandemi Covid-19 tidak dapat melakukan ibadah umrah jika tidak memenuhi protokol kesehatan.Berikut prosedur dan kriteria yang harus dipenuhi calon jemaah umroh sebelum berangkat ke tanah suci yang dilansir dari kementerian agama:

  1. Berusia antara 18-65 tahun (mengikuti regulasi Arab Saudi).
  2. Tidak memiliki penyakit penyerta (komorbid).
  3. Menandatangani surat pernyataan tidak akan menuntut pihak lain atas risiko yang timbul akibat Covid-19.
  4. Bukti bebas Covid-19 dibuktikan dengan hasil PCR/SWAB.
  5. Jemaah wajib mematuhi protokol kesehatan selama di Indonesia, penerbangan, dan di Arab Saudi.
  6. Jemaah perlu dikarantina paling lama 3 hari baik di asrama haji maupun tempatnya lainnya yang disetujui oleh pemerintah.
  7. Penerbangan selama pandemi dianjurkan direct flight atau 1 kali transit.
  8. Pemberangkatan dam pemulangan jemaah hanya difokuskan melalui bandara internasional, seperti Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Juanda, Bandara Hasanuddin, Bandara Kualanamu (Batam, Manado, dan Bali, sedang diusulkan pihak Imigrasi ke Kemenhub).
  9.  tetap menjaga pelayanan dan kemungkinan banyaknya regulasi baru maka penyelenggara diperkenankan untuk menambah biaya akibat dari penerapan protokol kesehatan.
  10. Prosesi umrah tidak boleh lebih dari 3 jam.
  11. Kamar diisi maksimal 2 orang.
  12. Bus diisi tidak melebihi 40 persen dari total penumpang dalam bus.
  13. Hotel tidak diperkenankan untuk menyediakan makanan buffet.
  14. PCR masih berlaku ketika sampai Arab Saudi maksimal 72 jam.
  15. Masa aktif PCR berlaku selama 14 hari.

 

 

 

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: