BERANDA BERITA KESEHATAN UTAMA

Penting! Cara Membersihkan Pembuluh Darah Agar Tak Banyak Penyakit

   

Jakarta, hajinews.id -Salah satu jenis penyakit yang cukup banyak penderitanya, yaitu penyakit jantung koroner. Melansir Klikdokter, penyakit jantung koroner bahkan menempati urutan atas sebagai penyebab kematian di dunia.Timbulnya penyakit jantung koroner tersebut, diakibatkan plak pada pembuluh darah. Plak pada pembuluh darah tersebut bisa terbentuk akibat kolesterol jahat (LDL) yang menumpuk dalam jangka waktu tertentu. Itulah mengapa, sangat penting untuk memahami bagaimana cara membersihkan pembuluh darah agar terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk membersihkan pembuluh darah tersebut? Berikut ini, hajinews.id telah merangkum dari gooddoctor.cim mengenai hal tersebut, sabtu (24/10/2020)

1. Membersihkan pembuluh darah dengan olahraga

Ketika berolahraga dan melatih otot, maka tubuh akan membutuhkan lebih banyak darah. Sebagai responsnya, pembuluh darah akan berkembang dengan lebih banyak. Sebuah artikel yang diterbitkan Harvard Health Publishing menyebut olahraga rutin akan meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Produksi oksida nitrat sel endotel akan lebih banyak ketika tubuh sering berolahraga.Olahraga juga akan merangsang sumsum tulang untuk mengganti sel endotel yang sudah tua dan memperbaiki pembuluh darah yang rusak.

2. Prosedur invasif membersihkan pembuluh darah

Prosedur invasif memungkinkan dokter untuk melihat dan membersihkan pembuluh darah dengan cara memasukan kateter ke pembuluh darah yang bermasalah. Pembuluh darah yang tersumbat akan terlihat dengan jelas di layar x-ray. Balon kecil yang berada di kateter dapat diisi untuk menekan plak kolesterol di lokasi pembuluh darah yang tersumbat. Setelah itu sebuah pipa yang dinamakan stent bisa ditempatkan di pembuluh darah secara permanen untuk membuatnya tetap terbuka. Beberapa stent biasanya dibekali dengan obat yang dapat mencegah pembuluh darah untuk kembali tersumbat.

3. Operasi bypass

Operasi akan mengambil pembuluh darah dari kaki atau dada. Kemudian pembuluh darah ini akan dipakai untuk melintasi pembuluh darah yang tersumbat.

Bagi anda yang belum memiliki masalah pada pembuluh darah, anda bisa terus menjaga kesehatan pembuluh darah dengan makan makanan yang mengandung banyak lemak sehat dan rendah lemak jahat. Berikut ini tipsnya:

  • Tambahkan lebih banyak lemak yang baik di makanan anda
  • Kurangi sumber lemak jenuh dalam makanan
  • Hilangkan sumber lemak trans buatan
  • Tingkatkan asupan serat
  • Kurangi konsumsi gula
  • Banyak berolahraga
  • Berhenti merokok
  •  minum minuman beralkohol

Demikianlah cara untuk membersihkan pembuluh darah yang bisa anda lakukan. Selalu ingat untuk mencegah timbulnya plak dalam pembuluh darah, ya. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. (Sitha/diolah dari berbagai sumber).

 

 

Facebook Comments

Tambah Komentar

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: