BERANDA BERITA KESEHATAN KULINER UTAMA

7 Buah Yang Dapat Turunkan Asam Lambung dengan Cepat

   

Hajinews.id – Asam lambung merupakan penyakit kronis yang banyak diderita oleh mayoritas masyarakat di Indonesia. Penyakit yang menyerang organ pencernaan tepatnya pada lambung hingga kerongkongan ini menimbulkan gejala yang berbeda-beda pada setiap orang.

Dilansir dari ringtimesbanyuwangi.com, Gejala umum yang sering terjadi pada pederita asam lambung adalah batuk kering, rasa pahit atau rasa tidak nyaman pada perut bagian atas. Ketika kadar asam lambung semakin tinggi, akan mengalami gangguan seperti nyeri pada ulu hati hingga mengalami masalah pada pernafasan.

Namun tak perlu khawatir kerena ada beberapa jenis buah yang dapat menurunkan kadar asam lambung dengan cepat.

1. Apel

Buah mengandung vitamin A, C, D, B, kalsium, zat besi, dan magnesium. Kandungan ini membantu menjaga saluran cerna sehingga memungkinkan seseorang buang air besar secara teratur.Hal inilah yang menyebabkan apel dapat dikonsumsi untuk mengurangi asam dan menenangkan perut bagi pengidap asam lambung.

2. Pisang

Pisang mengandung zat kalium yang mampu menyeimbangkan pH atau tingkat asam di dalam tubuh begitu pula dengan kadar asam lambung supaya tidak terlalu asam yang bisa membuat iritasi lambung. Selain itu kandungan potassium yang ada di dalam pisang juga bisa meringankan stress serta depresi yang juga bisa menyebabkan penyakit maag dan naiknya asam lambung.

3. Melon

Seperti pisang, melon adalah buah lain yang mengandung basa. Ands bisa memakannya langsung atau diolah menjadi jus. Selain melon, blewah dan semangka juga baik dikonsumsi pengidap asam lambung.

4. Semangka

Mungkin Anda masih bertanya-tanya mengapa semangka dapat menurunkan kadar asam lambung. Hal dapat terjadi karena semangka memiliki kandungan ammonia yang cukup tinggi. Zat ammonia pada semangka ini berfungsi untuk menjaga tingkat keasaman di dalam tubuh termasuk asam lambung. Anda bisa mengonsumsi semangka dengan berbagai cara sesuai dengan selera anda masing-masing.

5. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin K, beta-karoten, dan kalsium. Pepaya mengandung enzim papain yang membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi sensasi terbakar di dada.

6. Timun

Timun memiliki efek mendinginkan yang bagus untuk penderita asam lambung. Dingin dari timun ini akan membuat produksi asam lambung menurun dan tidak membuat penyakit asam lambung kambuh.

7. Kelapa

Air kelapa memiliki banyak manfaat dan salah satunya adalah untuk mencegah pembentukan asam di lambung. Air kelapa juga mengandung glukosa alami dan garam yang biasa disebut sebagai ion.

 

 

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: