BERANDA KESEHATAN

Wajib Diketahui, Kebiasaan Minum Sambil Berdiri Selain Tidak Sopan Ternyata Buruk untuk Kesehatan

Kebiasaan Minum Sambil Berdiri Selain Tidak Sopan Ternyata Buruk untuk Kesehatan
minum sambil berdiri
   

Wajib Diketahui, Kebiasaan Minum Sambil Berdiri Selain Tidak Sopan Ternyata Buruk untuk Kesehatan

HAJINEWS.ID – Minum sambil berdiri sering dilakukan oleh banyak orang bahkan sudah menjadi kebiasaan yang sering dilakukan.

Masalah terburu-buru dapat menjadi salah satu faktor penyebabnya, selain itu juga minum sambil berdiri sering dilakukan pada saat berada di pesta, tempat hiburan, dan pada saat berolahraga.

Selain tidak sopan untuk dilakukan minum sambil berdiri ini juga tidak dianjurkan dalam agama, karena akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Pasalnya di dalam tubuh manusia itu terdapat sistem penyaringan atau filter yang disebut dengan Sfingter. Sfingter yaitu kumpulan serabut otot yang berbentuk seperti cincin yang bekerja untuk membuka dan menutup jalur alamiah pada tubuh.

Sebagaimana dikutip HAJINEWS dari www.halodoc.com, berikut adalah bahaya yang mengancam jika kita melakukan kebiasaan minum sambil berdiri.

– Dapat mempengaruhi kesehatan ginjal

Inilah Salah satu dampak buruk minum sambil berdiri adalah kesehatan ginjal yang akan terganggu. Pada saat kita minum dalam posisi berdiri, maka air tersebut dapat mengalir dengan cepat menuju perut bagian bawah tanpa disaring. Hal ini dapat membuat kotoran yang terkandung pada air akan menumpuk di kantong empedu yang dapat menyebabkan gangguan pada ginjal.

Selain itu juga, seseorang yang mempunyai kebiasaan minum sambil berdiri dapat menyulitkan nutrisi untuk mencapai hati, sehingga rasa haus sulit diatasi. Maka dari itu kamu mungkin akan terus merasa tidak cukup meski telah mengonsumsi beberapa gelas air. Nutrisi dari air yang masuk ke tubuh hanya akan lewat saja tanpa ada yang terserap oleh tubuh.

– Dapat menyebabkan kenaikan asam lambung

Minum sambil berdiri juga dapat membahayakan bagi lambung, karena lambung adalah bagian tubuh yang paling cepat terkena dampaknya, pada saat kita minum sambil berdiri. Ini di karenakan tekanan air yang diminum saat berdiri dapat mengejutkan bagian saluran “Spincter” yang menuju ke lambung sehingga dapat menyebabkan kenaikan asam lambung.

– Dapat membahayakan dinding perut

Minum sambil berdiri juga dapat membahayakan dinding perut, ketika minum air sambil berdiri, air yang mengalir yang cukup deras dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan. Oleh karena itu hal ini dapat membahayakan dinding perut dan saluran pencernaan.

– Dapat menyebabkan nyeri sendi

Minum sambil berdiri juga sangat berpotensi memicu ketidakseimbangan cairan di dalam tubuh dan dapat memicu penumpukan cairan dalam tubuh, hal ini dapat menyebabkan terutama pada area sendi, inilah yang dapat mengakibatkan nyeri pada sendi. Meski akan berdampak buruk pada sendi hal ini belum tentu dapat menyebabkan terjadinya arthritis, karena belum ada bukti ilmiah tentang hal tersebut. Dampak yang lebih parah disebabkan kebiasaan tersebut adalah masalah pada paru-paru dan jantung.

– Dapat menyebabkan perut kembung

Minum sambil berdiri juga bisa membuat air masuk ke dalam perut dengan cepat dan tidak melewati usus dengan baik, sehingga hal ini dapat membuat perut kembung. Selama ini banyak beredar informasi bahwa anjuran minum air putih itu harus sebanyak delapan gelas atau dua liter dalam sehari, maka dari itu minum sambil berdiri bukanlah hal yang tepat, karena dapat memicu perut kembung.

Sumber : Mantrasukabumi

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: