DAKWAH MUTIARA HIKMAH UTAMA

Hikmah Malam: Jadikan Doa Sebagai Amalan

 

HAJINEWS.ID,- Berdo’a adalah ibadah yang paling disukai Allah. Hingga Allah berjanji untuk mengabulkan segala do’a yang baik bagi hambaNya. Jika tidak di dunia maka do’a-do’a tersebut tidak akan pernah sia-sia, sebab ijabahnya menggunduk pada tabungan akhiratmu.

Allah yang Rahiim bahkan bersedia mengganti keinginanmu dengan memberi yang lebih baik bagimu. Allah juga tak segan memberi lebih dari apa yang engkau harapkan. Hanya saja lebih menurutNya belum tentu lebih menurutmu. Karena engkau hanya manusia, yang pengetahuannya terbatas. Hingga tak jarang engkau protes terhadap pemberian yang lebih baik itu.

Ingatlah selalu bahwa dalam firmanNya Allah menegaskan “….Boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui. (QS.Al-Baqarah: 216)

Mengenai do’a-do’amu yang tak kunjung dikabul itu bukan urusanmu. Tugasmu hanya berdo’a dan meyakini bahwa Allah akan mengabulkannya jika itu baik bagimu. Lamanya waktu penantianmu jangan sampai membuat dirimu putus asa dan berhenti bero’a.

Sebagaimana dikatakan Ibnu Atha’ilah, “Janganlah membuatmu putus asa dalam mengulang-ulang do’a, keika Allah menunda ijabah do’a itu. Dialah yang menjamin ijabah do’a itu, menurut pilihan-Nya padamu, bukan menurut pilihan seleramu. Kelak pada waktu yang dikehendakiNya, bukan waktu yang engkau kehendaki.”

Jangan pernah behenti berdo’a dan berputus asa dari RahmatNya. Kepada yang abai dalam berdo’a saja Allah cukupi kebutuhannya. Apalagi pada yang rajin berdo’a dan meminta. Jadilah pengemis dihadapan Allah. Karena memang kita tidak berdaya tanpa belas kasihan dariNya. Maka Jangan pernah lelah berdo’a karena doamu akan dijawab di akhirat dan engkau akan terkejut tatkala tahu doa itu adalah tabunganmu. (*)

Facebook Comments

Tambah Komentar

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: