BERANDA BERITA KESEHATAN KULINER UTAMA

Yuk Konsumsi, 10 Makanan Pembersih Arteri dan Pencegah Serangan Jantung

   

Hajinews.id – Penyumbatan pembuluh darah dapat menyebabkan beberapa masalah seperti penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung, stroke, dan penyakit pembuluh darah perifer.

Dokter dan ahli gizi menunjukkan bahwa penyumbatan pembuluh darah dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan tertentu yang membantu membuka penyumbatan pembuluh darah dan menjaganya tetap bersih. Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu mencegah serangan jantung dan membuka penyumbatan arteri, dikutip hajinews.id dari Jurnal Palopo dan Boldsky.

1. Kunyit

Bumbu ini mengandung kurkumin yang mengandung sifat pelindung jantung dan membantu mengurangi kerusakan pada dinding arteri. Ekstrak kunyit dikenal dapat mengurangi kolesterol LDL (Low-density lipoprotein) dan penumpukan plak di arteri. Anda dapat menambahkan kunyit kedalam menu makanan Anda yaitu dengan membuat teh kunyit atau susu emas.

2. Bawang putih

Bawang putih telah terbukti dapat mencegah penyakit jantung, memperlambat aterosklerosis dan menurunkan tingkat tekanan darah. Bawang putih cukup efektif mencegah penumpukan plak di arteri. Bawang putih adalah salah satu makanan utama untuk mencegah serangan jantung.Anda dapat memotong bawang putih dan menambahkannya ke sup, nasi, atau kari Anda.

3. Jahe

Jahe mengandung sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Ini mengandung gingerol dan shogaol yang merupakan senyawa pelindung jantung yang kuat. Ekstrak jahe dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah sehingga mencegah serangan jantung. Jahe dapat Anda capurkan ke dalam makanan, gunakan pasta jahe saat memasak bersama dengan bawang putih atau cukup isap sepotong jahe setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa membuat teh jahe yang bisa anda minum saat sarapan.

4. Cabe Rawit

Cabe pedas mengandung capsaicin yang mencegah kolesterol LDL secara alami. Ini membantu mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan meningkatkan sirkulasi darah.Ini adalah yang terbaik dalam hal membersihkan arteri. Ini adalah salah satu makanan terbaik untuk memiliki arteri yang bersih.

Anda bisa menikmati manfaat cabai rawit dengan menambahkan sedikit ke dalam kari atau semur.

5. Lemon

Lemon membantu menurunkan kadar kolesterol, mencegah kerusakan oksidatif dan menjaga arteri tetap sehat. Ini mengandung vitamin C yang mengurangi peradangan dan memperkuat arteri. Pakar kesehatan mengatakan bahwa sebagian besar buah jeruk bermanfaat bagi kesehatan arteri Anda karena mengandung antioksidan dan vitamin C. Minumlah banyak air lemon sepanjang hari atau minumlah segelas jus jeruk atau jeruk bali segar setiap hari.

6. Kayu Manis

Kayu manis membantu mengurangi faktor risiko yang berhubungan dengan aterosklerosis dan penyakit jantung. Enam gram kayu manis sehari dapat menurunkan kolesterol LDL, kadar trigliserida, dan lain-lain. Cukup Giling kayu manis dan taburkan di atas kopi atau teh. Selain itu Anda juga bisa menggunakannya untuk memasak sebagai bahan penyedap rasa.

7. Biji Wijen

Konsumsi biji wijen secara teratur dapat membantu mencegah perkembangan aterosklerosis. Minyak wijen mengandung kandungan lemak yang mengurangi kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Anda bisa menambahkan biji wijen ke dalam salad, nasi, sup, dan bahkan es krim.

8. Minyak Zaitun

Makanan pembersih arteri penting lainnya adalah minyak zaitun. Ini, sekali lagi, ditemukan dapat mengurangi kolesterol jahat karena kandungan tinggi lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak sehat dalam minyak zaitun dapat melindungi kesehatan jantung Anda dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.Anda dapat menyiramkan sedikit minyak zaitun pada salad, tumis sayuran, dan lain-lain.

9. Jus Delima

Jus buah delima telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyumbatan arteri. Jus buah delima mengandung asam punicic yang membantu membuka penyumbatan arteri secara alami dan melawan aterosklerosis. Cara memakannya adalah Anda bisa menaburkan bijinya pada oatmeal atau membuat jus delima tanpa tambahan gula.

10. Alpukat

Alpukat telah terbukti menjadi salah satu makanan pembersih arteri terbaik. Konsumsi rutin buah eksotis ini sangat terbukti mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), mencegah pembentukan arteri yang tersumbat. Tambahkan alpukat ke salad, sandwich, atau minum jus alpukat setiap hari (tanpa gula).

 

 

Facebook Comments

Tambah Komentar

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: