BERANDA BERITA KESEHATAN KULINER UTAMA

Makanan Pantangan Asam Urat Yang Sering Dikonsumsi

   

Hajinews.id – Jika anda adalah penderita asam urat, salah satu hal yang mesti anda perhatikan adalah makanan yang dikonsumsi. Makanan pantangan asam urat umumnya adalah makanan yang mengandung tinggi purin, seperti yang terkandung dalam daging sapi, hati dan kalkun. Nah, untuk menjaga agar anda tak diserang asam urat, berikut adalah beberapa jenis makanan pantangan asam urat yang sebaiknya hindari dilansir dari gooddoctor.co.id
1. Bayam
Sayuran hijau yang kaya akan zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan flavonoid ini ternyata merupakan salah satu makanan pantangan asam urat.
Bagi anda yang menderita asam urat, bayam harus dihindari karena kandungan purin yang tinggi. Bahkan ada yang mengatakan bahwa bayam memiliki 57 gram purin untuk setiap 100 gramnya.

2. Asparagus
Bagi anda yang ingin mendapatkan asupan folat yang tinggi, makanan ini jawabannya. Namun, meskipun asparagus memiliki kandungan folat dan kalsium yang tinggi dan baik untuk tubuh ternyata asparagus juga memiliki kadar purin yang tinggi sekitar 23 gram per 100 gram asparagus.

3.Seafood
Bagi anda pecinta makanan laut, sayangnya seafood tergolong dalam makanan pantangan asam urat yang harus dihindari. Hal ini karena purin yang terkandung dalam makanan laut juga cukup tinggi. Oleh karena itu, anda diharuskan menghindari makanan seperti udang, kepiting, remis, tiram, cumi-cumi hingga makanan kalengan seperti sarden dan kornet sapi.

4. Jeroan
Makanan yang satu ini bukan hal asing lagi dalam deretan makanan pantangan asam urat. Hal ini karena sudah terbukti bahwa kandungan purin yang terdapat dalam jeroan sangat tinggi. Makanan yang tergolong jeroan adalah usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, ginjal, dan sebagainya.

5. Daging merah
Sebaiknya meskipun proteinnya tinggi dan dibutuhkan tubuh, anda sebaiknya menghindari pula daging merah. Hal ini berlaku termasuk daging sapi, daging kambing, dan daging babi yang dianggap memiliki kadar purin tinggi.

6. Kedelai olahan
Makanan berbahan kedelai yang difermentasi seperti tahu, tempe, dan lainnya memang terkenal menjadi andalan di Indonesia karena selain tinggi protein harganya juga murah. Namun, jika anda memiliki asam urat anda harus membatasi mengonsumsi makanan ini.

7. Gula
Tak hanya penderita diabetes saja yang harus menghindari gula, penderita asam urat juga harus memperhatikan gula. Mengonsumsi gula yang berlebihan dapat memperburuk gejala reumatik dari penyakit asam urat. Hindari konsumsi minuman yang mengandung fruktosa, dan sebagai gantinya anda bisa memakan buah segar.

Perlu dipahami bahwa tidak ada satupun makanan yang dapat menjadi penyembuh atau obat asam urat. Menerapkan pola makan sehat utamanya membantu menurunkan risiko serangan asam urat berulang dan memperlambat laju kerusakan sendi. Berikut daftar makanan yang boleh dimakan dan kerap menjadi anjuran untuk penderita asam urat yang dilansir dari hallosehat.comn

  1. Kacang-kacangan, seperti almond, kenari, atau kacang tanah.
  2. Biji-bijian, seperti biji rami (flaxseed) atau biji chia.
  3. Gandum utuh, seperti pasta gandum, roti gandum, sereal gandum, dan nasi merah.
  4. Telur
  5. Beberapa jenis ikan dengan purin rendah yang boleh dimakan untuk penderita asam urat, seperti salmon, lele, nila, atau kakap merah.

(Sitha/diolah dari berbagai sumber).

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: