DAKWAH MUTIARA HIKMAH UTAMA

Hikmah Siang: Segudang Manfaat Shalawat

segudang manfaat shalawat
     

HAJINEWS.ID,- Ada banyak amal ibadah sunah yang diperintahkan kepada umat Islam dan di dalamnya terdapat segudang Manfaat. Salah satu di antaranya adalah membaca Salawat kepada Nabi.

Membaca Salawat kepada Nabi memiliki Manfaat yang amat menakjubkan. Membaca Salawat Nabi sendiri merupakan anjuran yang amat diharuskan. Allah SWT dalam salah satu firman-Nya menegaskan:

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawat lah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya (QS. Al-Ahzab: 56).

Dalam salah satu hadis, Rasulullah juga bersabda:

Kalau seseorang bersholawat kepadaku, malaikat juga akan mendoakan keselamatan yang sama baginya. Untuk itu, bersholawat lah meski sedikit atau banyak.”

Salawat yang memiliki banyak Manfaat itu bisa dibaca dalam bentuk bacaan pendek, yaitu: Allahumma salli ‘alaa sayyidina Muhammad wa ‘ala aali sayyidina Muhammad.

Membaca Salawat memiliki Manfaat yang amat besar. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mentaati perintah Allah

Manfaat membaca Salawat kepada Nabi jelas merupakan upaya memenuhi perintah ayat Al-Qur’an QS. Al-Ahzab ayat 56 di atas. Manfaat membaca Salawat dihitung sebagai bentuk ketaatan pada Allah.

2. Dibalas dengan 10 Salawat oleh Allah

Manfaat membaca Salawat kedua adalah akan dibalas dengan 10 Salawat dari Allah. Maksudnya Salawat dari Allah adalah ampunan dari-Nya. Nabi bersabda: “Orang bersholawat kepadaku satu kali, Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali.”

3. Jalan pemenuhan hajat

Manfaat membaca Salawat selanjutnya adalah dapat menjadi jalan pemenuhan hajat manusia. Sebab di dalam bacaan Salawat ada upaya meminta pertolongan kepada Nabi melalui syafaatnya.

4. Didekatkan dengan Nabi

Orang yang membaca Salawat akan mendapatkan Manfaat yang besar yaitu akan diberi syafaat kelak di hari akhir. Manfaat membaca Salawat ini tentu akan semakin mendekatkan diri manusia kepada Kanjeng Nabi. Seseorang akan bertemu dengan Nabi dalam keadaan disambut kebahagiaan bertemu dengan sang Baginda.

Begitu Manfaat yang akan didapatkan manusia yang membaca Salawat. Jangan disia-siakan jika mau mendapat Manfaat membaca Salawat dengan keinginan bertemu dengan Nabi. (DBS).

 

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: