BERANDA BERITA GAYA HIDUP KESEHATAN UTAMA

Hati-hati, Ini Tanaman Hias Beracun Bisa Sebabkan Gagal Ginjal Hingga Kematian

   

Hajinews.id – Memiliki rumah yang asri tentu menjadi idaman semua keluarga. Apalagi banyaknya tanaman dan pohon hias di setiap sudut yang semakin membuat rumah terlihat lebih sejuk.

Namun pemilihan tanaman yang berwarna-warni tidak menjamin keamanan keluarga.Sebagian tanaman hias yang sering dijadikan dekorasi ruangan ternyata memiliki racun sehingga bisa menyebabkan gagal ginjal hingga kematian.

Seperti dilansir Ringtimesbanyuwangi.com dari Youtube Sunandar Upil, berikut ini adalah 7 tanaman hias yang memiliki racun.

1. Tanaman Dolar

Tanaman dolar merupakan salah satu jenis tanaman hias yang seringkali ditempatkan di sudut. Walaupun terlihat cantik tanaman dolar justru mengandung racun.Sebuah penelitian terbaru mengatakan bahwa seluruh bagian dari tanaman ini beracun karena mengandung senyawa oksalat sehingga dapat menyebabkan kulit iritasi dan gatal-gatal. Jika si kecil tidak sengaja menyentuh daun dari tanaman dolar, sebaiknya segera mencuci tangan dengan sabun sehingga benar-benar bersih.

2. Tanaman Kuping Gajah atau biasa disebut dengan Caladium

Sebagai tanaman hias ia termasuk ke dalam keluarga dari talas dan keladi yang menyimpan racun.Walaupun bentuk dan warnanya sangat indah, sebagai tanaman hias kuping gajah dapat menyebabkan dinding saluran pernafasan membengkak, bahkan dapat menutup jalan masuk dan keluarnya udara.Sehingga jika anak-anak memakan atau tidak sengaja menyentuh dari getah dari pohon ini, ini akan mengakibatkan pembengkakan pada saluran pernapasan.

3. Bunga Lili

Daun bunga lili terkesan sangat elegan sehingga banyak orang yang menyukainya.Menurut sebuah penelitian Amerika food and drug administration, bunga lili tidak hanya indah namun bisa membahayakan hewan peliharaan. Jika daun bunga lili tertelan dapat menyebabkan sakit perut dan muntah-muntah.Tidak hanya itu, racun dari bunga lili dapat menyebabkan hewan peliharaan di rumah mengalami gagal ginjal akut hingga kematian.

4. Lidah mertua

Salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer. Jika diperhatikan bentuknya terlihat seperti pedang. Walaupun terlihat indah, perlu disadari bahwa tanaman hias ini beracun.Efek samping yang bisa ditimbulkan dari tanaman hias ini bisa memicu muntah-muntah dan diare.

5. Sri Rejeki

Sebagai tanaman hias ia seringkali disebut dengan daun bahagia atau Sri rezeki. Ia termasuk jenis tanaman hias yang diincar oleh para pecinta tanaman.

Namun mungkin banyak yang belum menyadari bahwa tanaman hias ini mengandung getah beracun pada bagian daun serta batangnya. Terdapat kalsium oksalat yang terkandung di dalam batang dan daunnya sehingga menyebabkan gatal-gatal bibir dan lidah. Bahkan Sri Rezeki bisa mengakibatkan kejang-kejang.

Itulah beberapa penjelasan mengenai tanaman hias beracun yang perlu kita ketahui. Waspadai usahakan untuk berhati-hati saat membeli dan merawatnya.

 

 

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: