BERANDA KESEHATAN

6 Manfaat Memijat Telinga Secara Rutin, Jangan Anggap Remeh

6 Manfaat Memijat Telinga Secara Rutin, Jangan Anggap Remeh
memijat telinga
   

6 Manfaat Memijat Telinga Secara Rutin, Jangan Anggap Remeh

Hajinews.id – Stres, kecemasan, sakit kepala, atau kantuk merupakan masalah yang kerap dihadapi banyak orang. Tetapi apakah Anda tahu bahwa ternyata solusi untuk masalah-masalah ini cukup sederhana, salah satunya dengan memijat telinga.

Memijat telinga akan memberikan sensasi saraf yang benar-benar menenangkan. Hal ini dapat membebaskan pikiran Anda dari masalah dan ketidaknyamanan fisik. Bagian terbaik dari memijat telinga adalah dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja dengan cepat dan mudah.

Manfaat memijat telinga memang memiliki khasiat yang sangat beragam. Oleh sebab itu, jangan remehkan aktivitas ini.

Agar Anda dapat mengetahui secara lebih rinci, berikut hajinews telah merangkum 6 manfaat memijat telinga secara rutin, yang dilansir dari Brightside.me.

1. Mengurangi Nyeri

Manfaat memijat telinga yang pertama adalah dapat mengurangi rasa nyeri pada otot.

Sebuah eksperimen pernah dilakukan untuk menguji dan melihat apakah pijat telinga dapat membantu mengurangi rasa sakit di antara orang-orang dengan nyeri punggung bawah kronis. Hasilnya menunjukkan bahwa prosedur sederhana ini merupakan cara yang efektif untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

Menarik dan menggosok dengan lembut area yang berbeda di telinga Anda , terutama lobus Anda, merangsang banyak ujung saraf, dan dapat membantu otak Anda melepaskan endorfin.

Hormon ini diketahui membuat kita merasa nyaman dan membantu meredakan nyeri. Selain itu, endorfin juga dapat meningkatkan sirkulasi darah Anda.

2. Turunkan Tingkat Stres dan Kecemasan

Manfaat memijat telinga yang berikutnya adalah dapat menurunkan tingkat stres dan kecemasan berlebih.

Pijat titik gerbang telinga Anda dengan gerakan melingkar yang lambat jika Anda merasa stres, panik, gelisah, lelah, atau jengkel. Titik ini terletak di cangkang atas telinga Anda, di bagian yang terasa seperti lubang berbentuk segitiga.

3. Kurangi Sakit Kepala dan Migrain

Manfaat memijat telinga yang berikutnya adalah dapat mengurangi sakit kepala dan migrain. Walaupun obat penghilang rasa sakit dapat memiliki beberapa efek serius dan berpotensi merusak pada tubuh dan kesehatan Anda, rangsangan telinga umumnya tidak berbahaya.

Anda bahkan dapat menggabungkannya dengan beberapa pengobatan alami seperti teh peppermint untuk efek yang lebih baik.

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat memijat telinga ternyata juga berhubungan dengan upaya untuk menurunkan berat badan. Selain berolahraga secara teratur dan menjaga pola makan yang sehat, Anda juga dapat mulai menggosok titik yang berbeda di telinga setiap hari.

Ternyata apabila aktivitas ini dikombinasikan dengan rutinitas penting lainnya, memijat dapat mempercepat penurunan berat badan. Setelah Anda mencapai tujuan Anda, pastikan Anda terus melakukannya untuk menjaga berat badan dan tetap sehat.

5.Bantu Kurangi Insomnia

Manfaat memijat telinga yang berikutnya adalah dapat membantu melawan insomnia. Karena stimulasi telinga memiliki efek relaksasi, Anda dapat melakukannya sebelum waktu tidur untuk menenangkan diri dan melepaskan diri.

Meskipun prosedur ini saja tidak akan membantu Anda menghilangkan insomnia sepenuhnya, ini dapat membantu Anda untuk rileks, yang diperlukan untuk tidur nyenyak. Selain itu, Anda dapat menggunakannya selain perawatan lain yang sudah Anda gunakan.

6. Memberikan Dorongan Energi

Manfaat memijat telinga yang terakhir adalah dapat memberikan dorongan energi untuk tubuh Anda. Anda mungkin lupa menggunakan kopi pagi untuk membangunkan diri. Sebagai gantinya, Anda bisa mencoba menggosok telinga Anda dengan lebih intens.

Merangsang ujung saraf telinga Anda dapat mengaktifkan pusat-pusat otak tertentu dan menghilangkan rasa lelah. Anda juga dapat melakukannya pada siang hari, ketika Anda merasa kelelahan semakin tidak terkendali dan tingkat energi Anda rendah.

Sumber : Merdeka

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: