BERANDA BERITA KESEHATAN UTAMA

Kenali Efek Samping Obat Hipertensi Amlodipin

Foto: shutterstock
     

Hajinews.id – Tekanan darah tinggi atau hipertensi jika tak ditangani dengan serius, akan menimbulkan berbagai komplikasi penyakit. Seperti, serangan jantung atau stroke.

Selain menerapkan pola hidup sehat, diperlukan juga mengonsumsi obat untuk menurunkan risiko terjadi tekanan darah tinggi.

Salah satu obat darah tinggi yang biasa digunakan adalah amlodopin. Meskipun begitu, ada beberapa efek samping amlodipin yang harus anda ketahui. Apa Saja efek samping yang ditimbulkan? Simak ulasannya berikut ini yang hajinews.id lansir dari m.dream.co.id.

  1. Pembengkakan di kaki atau pergelangan kaki
  2. Kelelahan atau rasa kantuk yang berlebihan
  3. Nyeri pada perut
  4. Mual
  5. Pusing
  6. Sensasi panas atau hangat pada wajah
  7. Denyut jantung tidak teratur (aritmia) atau denyut jantung sangat cepat (palpitasi)
  8. Gerakan otot yang tidak normal
  9. Tremor

Efek samping tersebut masih dapat ditangani sendiri jika masih terasa ringan. Namun, jika tak kunjung hilang dalam beberapa hari, sebaiknya segera temui dokter.

Obat amlodipin juga tidak boleh dikonsumsi dengan obat lainnya, berikut ini beberapa obat yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan amlodipin karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

1. Obat jantung

Mengonsumsi amlodipin bersamaan dengan obat masalah jantung lain, seperti diltiazem, berisiko menaikkan kadar amlodipin dalam tubuh.

2. Antibiotik

Mengonsumsi amlodipin bersamaan dengan clarithromycin (antibiotik) juga bisa meningkatkan kadar amlodipin.

3. Obat penurun kolesterol

Mengonsumsi amlodipin dengan obat penurun kolesterol, seperti simvastatin dapat menaikkan kadar simvastatin di tubuh. Dan dapat berdampak pada risiko efek samping lain.

4.Obat pengendali sistem imun

Konsumsi amlodipin dengan obat pengendali sistem imun (seperti ciclosporin dan tacrolimus) dapat menaikkan kadar obat imun tersebut di tubuh, sehingga dapat menimbulkan efek samping lain

Amlodipin dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Dosis yang diberikan pun harus sesuai dengan petunjuk yang diberikan dokter.

Tidak disarankan untuk melakukan aktivitas ketika sedang mengonsumsi amlodipin, karena obat ini bisa membuat pusing.

Konsumsi amlodipin secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Serta tetap ikuti anjuran dari dokter terkait.

 

 

 

 

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: