BERANDA BERITA DAKWAH UTAMA

4 Tanda Muslim Meninggal Dalam Keadaan Khusnul Khotimah

   

Hajinews.id – Semua orang muslim yang taat kepada Allah SWT pasti menginginginkan meninggal dalam keadaan yang khusnul khotimah. Sebab seberapapun banyaknya dosa yang kita perbuat dimasa lampau, Allah SWT akan mengampuni semua dosa-dosa yang diperbuat tersebut.

Namun, meninggal dalam keadaan yang istimewa ini bukanlah perkara yang mudah untuk didapatkan. Orang-orang yang shalih dan sholehah lah serta yang taat kepada Allah SWT yang insyaallah akan mendapatkan keadaan mati khusnul khotimah.

Allah SWT akan melihat serta menimbang akhlak seseorang terlebih dahulu. Jika seseorang itu memang layak meninggal dalam keadaan khusnul khotimah, maka Allah SWT akan mematikan orang tersebut dalam keadaan yang istimewa ini.

Ada orang yang dulunya rajin sholat serta ibadahnya luar biasa tapi meninggal dalam keadaan su’ul khotimah, adapula orang yang berandal, katakanlah orang yang jauh dari Allah SWT, tapi meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.

Oleh karena itu kita harus berusaha dengan sungguh-sungguh agar dapat meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.

Sebagaimana Hajinews.id kutip dari mantrasukabumi.com ada 4 tanda seseorang yang meninggal dalam keadaan Khusnul Khotimah

1. Mengucapkan kalimat syahadat saat menjelng wafat

Saat seseorang mengalami sakaratul maut sulit untuk mengucapkan syahadat. Untuk itu beruntunglah orang-orang yang mengucapkan syahadat sebelum nyawanya di cabut. Namun, menucapkan syahadat sebelum meninggal bukan berarti dosa yang diperbuatnya dahulu dapat Allah SWT ampuni, sebab syahadat tidak cukup di ucapkan dalam lisan saja tetapi harus dialamalkan dalam perbuatannya sehari-hari.

2. Meninggal saat melakukan amal perbuatan yang shalih

Meninggal dalam keadaan shalih misalnya meninggal saat sedang sholat, saat sedang melakukan kegiatan kemanusiaan, atau meninggal karena menolong orang lain. Jika seseorang pelakukan perbuatan dengan niat karena Allah SWT, lalu seseorang itu meninggal maka insyaallah ia meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.

3. Meninggal dengan ekspresi wajah bahagia

Rasa sakit yang hebat dapat dirasakan saat sedang sakaratul maut, sakitnya diibaratkan ditusuk oleh ribuan pedang dalam sekaligus. Orang yang kondisi sekaratnya terlihat mengerikan, itu merupakan tanda-tanda mati dalam keadaan su’sul khotimah, berbeda dengan seseorang yang mati dalam keadaan khusnul khotimah, ia akan memperlihatkan wajah yang bahagia misalnya tersenyum aat meninggal.

4. Adanya perkataan yang membahagiakan sebelum seseorang itu meninggal

Orang yang beriman dan taat kepada Allah SWT, sebelum meninggal biasanya akan meninggalkan wasiat berupa nasihat baik untuk kebaikan dunia dan akhirat. Sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dulu, ia menitipkan pesan kebaikan agar umatnya tidak tersesat dan terjerumus ke jalan yang salah.

Semoga kita termasuk ke dalam orang-orang yang beriman dan taat kepada Allah SWT, dan dimatikan dalam keadaan yang istimewa yaitu Khusnuh Khotimah. (Diolah dari berbagai sumber).

 

 

 

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: