BERANDA BERITA DOA KITA UTAMA

Doa Setelah Isya, Pahalanya Seperti Ibadah Sepanjang Malam

doa agar cepat dikabulkan
young muslim woman praying for Allah, muslim God
     

Hajinews.id – subhanallah, sebagai umat nabi Muhammad kita patut bersyukur. Allah memberikan keistimewaan yang tidak dimiliki umat nabi terdahulu, yakni berupa tahlil atau wirid setelah shalat, yang jika kita amalkan pahalanya seperti ibadah sepanjang malam.

Hal ini ditegaskan dalam sebuah hadis Rasulullah SAW:

فُضِّلْنا علَى الناسِ بثلاثٍ : جُعِلَتْ صفوفُنا كصفوفِ الملائِكَةِ ، وجُعِلَتْ لنا الأرْضُ كُلُّها مسجِدًا ، و جُعِلَتْ تربَتُها لنا طَهورًا إذا لَمْ نَجِدِ الماءَ ، وأُعْطيتُ هذِهِ الآياتِ مِنْ آخرِ سُورَةِ البقرَةِ مِنْ كَنْزٍ تَحْتَ العرشِ لَمْ يُعْطَها نَبِيٌّ قَبْلِي

 

Kita (umat Nabi Muhammad SAW) diistimewakan dengan tiga hal: “Barisan kita dijadikan barisan yang kuat sebagaimana barisan para malaikat. Kedua, semua bumi dijadikan masjid dan semua tanahnya suci jika kita tidak menemukan air. Ketiga, kita diberikan beberapa ayat terakhir surat al-Baqarah yang diturunkan dari sebuah tempat setelah Arsy. Ayat-ayat tersebut tidak diberikan kepada para nabi (dan umatnya) sebelum aku.” (Jami’ as-Saghir, sahih)

Dilansir dari islami.co Doa yang dimaksud tercantum dalam dua ayat terakhir dalam surat Al-Baqarah adalah doa berikut ini:

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Robbana la tuakhidzna in nasiina au akhtha’na. Rabbana wa la tahmil alaina isran kama hamaltahu alalladzina min qablina. Rabbana wa la tuhammilna ma la thaqata lana bih. Wa’fu ‘anna waghfir lana warhamna anta maulana fanshurna alal qaumil kafirin.

Doa ini dibaca setelah shalat isya secara istiqamah. Salah satu keutamaan membaca doa ini adalah kita akan diberikan pahala sebagaimana kita beribadah sepanjang malam. Dalam sebuah hadis riwayat Imam at-Tirmidzi disebutkan:

 

عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ الْأَنْصَارِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ قَرَأَ الْآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِي لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

“Dari Ibnu Mas’ud al-Anshari berkata, Rasulullah SAW bersabda: Setiap orang yang membaca dua ayat terakhir dari surat al-Baqarah dalam suatu malam, maka ia seperti beribadah penuh dalam semalam.”

 

Begitulah keistimewaan yang dijanjikan untuk akhir surat Al-Baqarah ini. Maka beruntunglah kita yang setiap malam istiqamah membacanya. Oleh karena itu, mari kita amalkan doa setelah isya ini dan istiqamahkan. Semoga Allah SWT melindungi kita dan keluarga kita. Amin.

 

 

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: