BERANDA DAKWAH USTADZ

Apakah Malaikat Mati?

Apakah Malaikat Mati?
   

Apakah Malaikat Mati?

Ditulis oleh: Zahir al-Minangkabawi

Syaikh Dr. Umar bin Sulaiman Al-Asyqar rahimahullah mengatakan: “Para malaikat mati sebagaimana matinya manusia dan jin. Telah datang dalil yang jelas tentang hal ini, yaitu firman Allah ﷻ :

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَمَن فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَن شَاءَ اللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنظُرُونَ

“Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).” (QS. Az-Zumar: 68)

Para Malaikat juga tercangkup dalam ayat tersebut karena mereka pun berada di langit. Al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah ketika menafsirkan ayat ini mengatakan, “Yang dimaksud adalah peniupan sangkakala yang kedua. Peniupan yang mengakibatkan sha’q yaitu yang berakibat kepada kematian semua yang hidup dari penduduk langit serta bumi kecuali yang Allah ﷻ kehendaki sebagaimana disebutkan secara jelas dan ditafsirkan di dalam hadits masyhur mengenai sangkakala. Kemudian nyawa yang masih tersisa akan dicabut hingga yang paling terakhir mati adalah Malaikat Maut dan tinggallah Allah ﷻ sendiri Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), Dia-lah Yang Pertama dan Yang Terakhir, Yang akan hidup kekal selamanya. Pada saat itulah Allah ﷻ berfirman, “Milik siapakah kerajaan pada hari ini?’ (sebanyak tiga kali). Kemudian Allah menjawabnya sendiri, ‘(Seluruhnya) milik Allah Yang Maha Esa lagi Maha Mengalahkan.”

Juga dalil yang menunjukkan tentang matinya Malaikat (ketika ditiupkan sangkakala) adalah firman Allah ﷻ :

وَلَا تَدْعُ مَعَ اللَّهِ إِلَٰهًا آخَرَ ۘ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۚ كُلُّ شَيْءٍ هَالِكٌ إِلَّا وَجْهَهُ ۚ لَهُ الْحُكْمُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

“Janganlah kamu sembah di samping (menyembah) Allah, tuhan apapun yang lain. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Tiap-tiap sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. Bagi-Nya-lah segala penentuan, dan hanya kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Qashash: 88)

Adapun apakah salah satu di antara para malaikat ada yang mati sebelum peniupan sangkakala? “Perkara ini tidak diketahui dan tidak mampu kita menyelaminya karena tidak ada dalil yang menetapkannya maupun yang mengingkarinya.” (‘Aalamul Malaaikatil Abraar: 18-19)

Semoga bermanfaat.

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: