BERANDA DAKWAH

Ampunan Dosa Lewat Jabat Tangan

Ampunan Dosa Lewat Jabat Tangan
     

Ampunan Dosa Lewat Jabat Tangan

Dari Al Bara’ bin ‘Azib, ia berkata, Rasulullah Saw bersabda :

مَا مِنْ مُسْلِمَيْنِ يَلْتَقِيَانِ فَيَتَصَافَحَانِ إِلاَّ غُفِرَ لَهُمَا قَبْلَ أَنْ يَفْتَرِقَا

“Tidaklah dua muslim itu bertemu lantas berjabat tangan melainkan akan diampuni dosa di antara keduanya sebelum berpisah.” (HR. Abu Daud No. 5212, Ibnu Majah No. 3703, dan Tirmidzi No. 2727)

Diantara akhlak islami yang mulia yang menghiasi diri kaum muslimin dan terhitung sebagai bukti atau konsekuensi persaudaraan sejati adalah berjabat tangan tatkala berjumpa. Ditegaskan dalam
Hadits yang mulia diatas tentang keutamaan berjabat tangan ketika bertemu, dan ini merupakan perkara yang dianjurkan, bahkan disebutkan akan diampuni dosa keduanya sebelum mereka berpisah.

Berjabat tangan adalah sunnah yang disyari’atkan dan adab mulia para sahabat yang dipraktikkan sesama mereka tatkala berjumpa.

Dari Qatâdah Ra berkata : “Saya bertanya kepada Anas bin Mâlik Ra.” :
“Apakah berjabat tangan dilakukan dikalangan para shahabat Rasulullah Saw ?”  Beliau Ra. menjawab : “Ya” (HR Bukhâri No.5908)

Berjabat tangan juga memiliki keutamaan yang sangat agung dan pahala sangat besar. Ditegaskan bahwa “jabat tangan” termasuk diantara penyebab bergugurannya dosa-dosa kita.

Dari Hudzaifah Ra. ia berkata, Rasulullah Saw. bersabda :
“Sesungguhnya seorang Mukmin apabila berjumpa dengan Mukmin lainnya lalu ia mengucapkan salam kepadanya kemudian memegang tangannya dan berjabat tangan, maka berguguran dosa mereka sebagaimana daun pohon berguguran.”  (HR. Ath-Thabrani No. 245)

Orang-orang yang melakukan “jabat tangan” untuk kali pertama adalah penduduk Yaman yang terkenal dengan keimanan dan keilmuan mereka.

Anas bin Malik Ra. mengungkapkan :
“Tatkala penduduk Yaman datang (ke Madinah)”
Rasûlullâh Saw. bersabda :
“Telah datang kepada kalian penduduk Yaman, dan merekalah orang yang pertama sekali yang melakukan berjabat tangan.” (HR. Abu Daud No. 5213)

Semoga Allah Azza wa Jalla senantiasa membimbing kita dalam mengamalkan segenap sunnah, serta menghiasi diri kita semua dengan akhlakul karimah.

Allaahumma Amiin.

SEMOGA MANFAAT

Facebook Comments

Tambah Komentar

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: