BERITA INTERNASIONAL POLITIK UTAMA

Rakyat Mesir Tuntut Presiden Al Sisi Mundur, Kediamannya Dibakar

Pendemo Tuntut Presiden Mesir Mundur
     

Jakarta, Hajinews.id,- Sudah dua hari rakyat Mesir turun ke jalan menuntut Presiden Al Sisi mundur dari jabatannya. Bahkan karena semakin tak terkendali keamanannya, sampai tempat peristirahatan sang presiden dibakar.

Unjuk rasa terjadi di Suez, Kafr El Dawwar, sebuah kota di Delta Nil, Kairo, Alexandria, dan Aswan.

Di tempat lain yakni di Al Qanater, Kegubernuran Qalyubia, para pengunjuk rasa berbaris melalui jalan-jalan sempit dan dihalau oleh pasukan keamanan.

Sementara di desa Kadiya di Kegubernuran Giza, pengunjuk rasa Mesir membalikkan sebuah truk polisi. Warga marah atas pembongkaran gedung oleh pemerintah di sana.

Protes warga itu sebagai tanggapan atas seruan yang dibuat oleh Mohammad Ali agar orang-rang turun ke jalan pada 20 September 2020.

Ali menyerukan rakyat untuk melawan penindasan dan ketidakadilan untuk menyelamatkan negara.

Tahun lalu Ali merilis serangkaian video yang menuduh rezim yang berkuasaa dan keluarganya melakukan korupsi dan menghambur-hamburkan dana publik sementara rakyat Mesir semakin miskin.

Di bawah rezim saat ini, ekonomi Mesir terus merosot dan pelanggaran hak asasi manusia meningkat, diperparah oleh krisis virus corona di negara yang telah salah melakukan penanganan oleh otoritas yang berkuasa.

Ribuan rumah dibongkar setelah pemerintah mengklaim melanggar persyaratan bangunan.

Menanggapi protes tahun lalu, setidaknya 4.000 orang ditangkap dan banyak yang ditahan atas tuduhan terorisme yang tidak berdasar, dalam tindakan keras terbesar terhadap pengunjuk rasa sejak Al Sisi berkuasa. (sumber: MEMO).

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: