BERANDA KESEHATAN UTAMA

Konsumsi Bawang Putih dan Madu Bersamaan, Buktikan Manfaat Ajaibnya

 

HAJINEWS.ID – Baik dikonsumsi masing-masing maupun bersamaan, manfaat bawang putih dan madu sama-sama baik untuk kesehatan. Sejak ratusan tahun silam, kedua bahan ini banyak digunakan untuk pengobatan karena kandungan antibakteri dan bisa menangkal penyakit.

Belum lagi kandungan antioksidan dalam bawang putih dan madu yang sama-sama ampuh menangkal inflamasi. Keduanya juga bisa menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Dan tentunya kedua bahan ini mudah didapatkan. Apa saja khasiatnya?

Manfaat bawang putih dan madu

Beberapa manfaat bawang putih dan madu di antaranya:

1. Antibakteri

Menurut uji laboratorium, bawang putih dan madu bisa menghentikan aktivitas bakteri. Awalnya, kedua bahan ini diuji terpisah. Namun saat dikombinasikan, ternyata manfaat antibakterinya lebih baik lagi. Keduanya bisa menghentikan atau membuat pertumbuhan bakteri jadi lebih lambat.

Utamanya, bakteri yang menyebabkan penyakit seperti pneumonia dan keracunan makanan. Menariknya lagi, ada penelitian laboratorium lain yang menyebut kombinasi ekstrak bawang putih dan madu bisa mencegah infeksi bakteri yang tak bisa ditangkal obat antibiotik biasa.

2. Baik untuk jantung

Kandungan antioksidan dalam madu dan bawang putih membuatnya sangat baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, risiko mengalami penyakit jantung dan stroke pun bisa menurun apabila rutin mengonsumsi madu dan bawang putih.

Kombinasi madu dan bawang putih dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, mencegah penyumbatan darah, sekaligus menjaga pembuluh darah agar tidak menjadi kaku. Selain itu, kandungan molekul sulfur dalam bawang putih juga melindungi otot jantung dari kerusakan.

3. Kesehatan otak dan daya ingat

Baik bawang putih maupun madu sama-sama kaya antioksidan. Kandungan ini membantu melindungi kesehatan otak dari penyakit yang umum terjadi seperti demensia atau Alzheimer. Namun, penelitian terkait hal ini masih terus dikembangkan.

Berdasarkan temuan yang ada selama ini, ekstrak bawang putih mengandung kyolic acid, jenis antioksidan yang membantu melindungi kesehatan otak dari penyakit masa tua. Selain itu, manfaat bawang putih dan madu juga meningkatkan fokus dan daya ingat.

Cara mengonsumsi bawang putih dan madu

Manfaat bawang putih dan madu akan semakin maksimal apabila cara penggunaan atau konsumsinya juga tepat. Bawang putih segar atau yang dicincang memiliki manfaat paling banyak. Kandungan allicin di dalamnya menjadi lebih tinggi. Namun, ketika bawang putih sudah dihancurkan artinya kandungan allicin cepat menguap sehingga sebaiknya langsung dikonsumsi.

Sementara suplemen bawang putih dalam bentuk bubuk juga bisa menjadi alternatif, namun dosisnya harus disesuaikan dengan kondisi setiap orang. Selain itu, minyak bawang putih juga bisa digunakan untuk memasak meskipun manfaat untuk kesehatannya lebih sedikit.

Untuk madu, jenis madu apapun memiliki khasiat yang berbeda-beda untuk kesehatan. Madu bisa dikonsumsi langsung untuk meredakan batuk, demam, atau radang tenggorokan. Baik madu hitam, madu putih, madu hutan, dan banyak jenis madu lainnya mengandung antioksidan tinggi.

Bahkan tak hanya untuk kesehatan, ada banyak manfaat madu untuk wajah jika digunakan sebagai masker. Madu juga bermanfaat untuk mengatasi luka atau iritasi dengan cara mengoleskannya langsung pada kulit.

Resep kombinasi bawang putih dan madu

Jika kedua substansi bawang putih dan madu sama-sama bermanfaat, kenapa tidak mengonsumsinya bersamaan? Ada banyak resep sajian sehat yang menggunakan keduanya, seperti:

  • Salad dressing

Selain thousand island, apa jenis salad dressing favorit Anda? Coba buat sendiri dengan mencampurkan minyak zaitun, cuka, daun herbal kering, dan tentu saja bawang putih serta madu. Kandungan nutrisinya begitu melimpah dan bisa disimpan di kulkas untuk sementara waktu.

  • Fermentasi

Menggabungkan bawang putih dan madu juga bisa dijadikan olahan acar yang tahan hingga satu bulan di suhu ruangan. Cara membuatnya dengan mencampur satu siung bawang putih dalam wadah steril, kemudian tuangkan madu dan aduk rata. Diamkan selama tiga hari.

Setelah tiga hari, akan ada gas dan gelembung kecil di madunya. Ini berarti bawang putih telah mengalami fermentasi. Diamkan kembali selama satu minggu sebelum mengonsumsinya.

  • Saus

Buat sendiri saus dengan perpaduan bawang putih dan madu yang bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan. Saus ini bisa menjadi olahan bumbu marinasi untuk daging atau ayam dengan menambahkan minyak zaitun, kecap asin, madu, dan juga bawang putih. (*)

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: