BERANDA DAKWAH UTAMA

Jangan Lagi Tunda Salatmu jika Ingin Sembilan Kemuliaan

 

HAJINEWS.ID – Salat adalah tiang agama dan amal ibadah kedua yang akan dihisab oleh Allah Subhanahu wa ta’ala di hari akhirat setelah iman. Salat juga termasuk rukun Islam. Sehari semalam diwajibkan salat lima waktu.

Namun, manusia sering menunda atau bahkan melalaikan salat dengan alasan sibuk. Padahal menunda salat termasuk dosa besar.

Dalam Alqur’an Surat Maryam ayat 59, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

فَخَلَفَ مِنۢ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَٱتَّبَعُوا۟ ٱلشَّهَوَٰتِ ۖ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا

Artinya : “Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan sholat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan.”

Jika kamu berat dengan pekerjaan, tapi kamu menggagap ringan dengan sholatmu, maka kamu adalah orang yang merugi. Ketahuilah pekerjaan atau kesibukan yang kita jalankan sekarang berasal dari Allah SWT.

Allah SWT menitip kan ke kita karena Allah percaya bahwa umatNya tidak akan melupakanNya.

Bahkan Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan bahwa terdapat sholatnya orang munafik yaitu dengan menunda atau mengulur waktu sampai pada batas waktunya.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

تِلْكَ صَلاَةُ الْمُنَافِقِ يَجْلِسُ يَرْقُبُ الشَّمْسَ حَتَّى إِذَا كَانَتْ بَيْنَ قَرْنَىِ الشَّيْطَانِ قَامَ فَنَقَرَهَا أَرْبَعًا لاَ يَذْكُرُ اللَّهَ فِيهَا إِلاَّ قَلِيلاً

Artinya : “Itulah salatnya orang munafik, duduk santai sambil lihat-lihat matahari. Hingga ketika matahari telah berada di antara dua tanduk setan (menjelang terbenam), dia baru mulai sholat, dengan gerakan cepat seperti mematuk 4 kali. Tidak mengingat Allah dalam sholatnya kecuali sedikit. (HR. Muslim 1443 & Ahmad 11999).”

Penceramah kondang Ustaz Solmed mengatakan, salat tiang agama. Ia mengumpamakan agama sebagai istana yang indah dan luas. Lalu, jika tak ada tiang, maka akan roboh.

Jadi jika seseorang tidak menjaga salat sebagaimana diperintahkan oleh Allah, segala kebaikan dilakukannya bisa saja tak ada sandarannya atau akan sia–sia.

“Mau ramai–ramai salat tetap dikerjain, mau sendirian sholat tetap dikerjain, biar kata di kutub utara, salat tetap dikerjain, ini lah yang luar biasa walaupun dalam keadaan perang atau sakit salat tetap dikerjain,” ujar Ustaz Solmed seperti dikutip dari video ceramahnya di channel Youtube iNews Religi, Selasa (1/9) lalu.

Orang-orang yang memelihara salat lima waktu dan mengerjakannya tepat pada waktu, Allah akan memuliakan orang itu dengan sembilan macam kemuliaan:

1. Dicintai Allah.

2. Badannya senantiasa sehat.

3. Dijaga oleh Malaikat.

4. Diturunkan berkah untuk rumahnya.

5. Terpancar kesalehan dari wajahnya.

6. Allah akan melembutkan hatinya.

7. Dapat melalui jembatan shirat seperti kilat.

8. Akan diselamatkan dari api neraka.

9. Allah akan menempatkannya ke dalam golongan orang-orang yang tidak takut dan tidak bersedih.

(*)

Facebook Comments

Tambah Komentar

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: