BERANDA CORONAVIRUS UTAMA

RS Rujukan Penuh, Pasien Corona di Tangsel Harus Dikirim ke RSD Wisma Atlet

Ilustrasi penanganan pasien corona. Foto: shutterstock
 

HAJINEWS.ID – Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie mengakui, rumah sakit (RS) yang menjadi rujukan penanganan Covid-19 di wilayahnya telah penuh.

Karena penuhnya fasilitas untuk penanganan pasien Covid-19 di Tangsel, pihaknya harus merujuk pasien ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet Jakarta.

“Sebanyak 12 RS dan 1 RSUD yang ada di Tangsel yang kita jadikan rujukan Covid-19 itu relatif penuh. Bahkan dari 223 kamar termasuk ruangan ICU juga penuh sampai-sampai kita rujuk ke Wisma Atlet,” aku Benyamin di Tangsel, Senin (14/9).

Benyamin mengimbau, masyarakat dengan status orang tanpa gejala (OTG) agar melakukan isolasi mandiri di rumah. Dengan demikian, diharapkan penanganan Covid-19 bagi yang memiliki penyakit penyerta dapat dilakukan.

“Pemkot Tangsel mengimbau untuk isolasi mandiri (untuk pasien status OTG). Karena itu sangat penting mengingat RS rujukan Covid-19 kita sudah penuh,” jelasnya.

Saat ini, menurut dia, pentingnya isolasi berkualitas bagi masyarakat diharapkan dapat dilakukan mengingat keterbatasan kamar RS yang menjadi tempat rujukan pasien Covid-19.

“Rumah Lawan Covid-19 (RLC) Tangsel kita dari 155 kapasitas kamar tidur sekarang terisi 26, kalau pun nanti positif, kita rawat dulu di RLC dan kalau dari situ harus dirujuk, maka akan kita lakukan rujukan ke RS,” katanya. (wh)

Facebook Comments

Tambah Komentar

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: