BERANDA BERITA KESEHATAN UTAMA

Lima Gejala Awal Gangguan Jantung yang Harus Diwaspadai

Ilustrasi jantung. (Foto/yodiyim)
 

JAKARTA, hajinews.id – Jantung menjadi salah satu organ yang sangat vital pada tubuh manusia. Kita semua perlu melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari berbagai gangguan jantung. Caranya bisa dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan nutrisi yang cukup setiap harinya.

Dilansir dari Halodoc, gangguan yang terjadi pada jantung dapat membahayakan kesehatan seseorang. Bentuk gejalanya berbeda-beda yang disesuaikan dengan jenis gangguan jantung yang dialami. Namun, ada beberapa gejala umum yang terjadi akibat adanya gangguan jantung pada pengidap penyakit jantung. Ketahui gejala awal yang dialami pengidap gangguan jantung berikut ini.

Jantung adalah organ tubuh yang berfungsi untuk memompa darah menuju seluruh tubuh. Ya, jantung menjadi pusat peredaran darah pada tubuh sehingga kesehatannya perlu kamu jaga dengan baik. Jantung terdiri dari beberapa bagian jaringan pembuluh darah, seperti pembuluh darah kapiler, pembuluh darah vena, hingga pembuluh darah arteri.

Jantung yang sehat memasok tubuh dengan jumlah darah yang tepat sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk menjalankan fungsinya. Jika kamu mengalami gangguan jantung, kondisi ini menyebabkan terganggunya suplai darah dari jantung menuju organ tubuh yang lain. Hal ini membuat fungsi jantung tidak dapat berjalan optimal.

Ada berbagai jenis gangguan jantung yang rentan dialami, seperti penyakit jantung koroner, aritmia, infeksi jantung, hingga penyakit pada katup jantung. Gangguan jantung yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan komplikasi pada kesehatan bahkan kematian.

Berbagai jenis gangguan jantung menyebabkan gejala yang muncul juga akan berbeda pada setiap pengidapnya. Namun, ada beberapa tanda yang umum terjadi sebagai gejala awal dari gangguan jantung, seperti berikut ini:

1.Rasa Tidak Nyaman pada Dada

Melansir Web MD, tanda umum dari gangguan jantung yang kerap terjadi adalah munculnya rasa tidak nyaman pada area dada. Umumnya, rasa tidak nyaman digambarkan dengan dada yang nyeri seperti ditekan dan umumnya terjadi dalam durasi beberapa menit. Segera hentikan seluruh aktivitas yang sedang dilakukan dan istirahat hingga kondisi dada membaik.

2.Pusing

Banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami pusing. Namun, jangan sepelekan jika kamu mengalami pusing yang disertai dengan rasa tidak nyaman pada area dada. Kondisi ini bisa menjadi tanda awal dari gangguan jantung. Sebaiknya rutin lakukan pemeriksaan kesehatan jantung ke rumah sakit terdekat ketika sering mengalami pusing yang berulang.

3.Nyeri pada Area Rahang atau Tenggorokan

Melansir Mayo Clinic, nyeri pada area rahang dan juga tenggorokan dapat menjadi tanda umum adanya gangguan jantung. Nyeri pada rahang dan tenggorokan yang disebabkan oleh gangguan jantung umumnya diawali dengan nyeri dada yang menjalar hingga ke rahang dan tenggorokan.

4.Lebih Mudah Mengalami Kelelahan

Banyaknya aktivitas fisik sudah sewajarnya membuat seseorang mengalami kelelahan. Biasanya, setelah beristirahat maka tubuh akan kembali kuat. Namun, jika kamu memiliki sedikit aktivitas fisik namun tetap merasa mudah lelah, sebaiknya periksakan kesehatan karena dapat menjadi gejala awal dari adanya gangguan jantung.

5.Selalu Berkeringat

Jika kamu selalu berkeringat meskipun berada dalam ruangan atau cuaca yang dingin, sebaiknya perhatikan kesehatan jantung agar kamu terhindar dari gangguan jantung. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter mengenai keringat yang berlebihan. Pendeteksian lebih dini terhadap penyebab kondisi tersebut tentunya akan memudahkan pengobatan yang perlu dilakukan.

Itulah gejala awal dari gangguan jantung yang sebaiknya tidak disepelekan. Jangan ragu untuk segera lakukan pemeriksaan apabila mengalami beberapa gejala tersebut. Perubahan pola makan dan gaya hidup dapat menekan gejala yang dialami akibat gangguan jantung. (rah)

Facebook Comments

Tambah Komentar

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: