BERANDA BERITA CORONAVIRUS INTERNASIONAL UTAMA

Warga Indonesia Dilarang Masuk Malaysia Mulai 7 September 2020

Menara kembar Petronas merupakan salah satu ikon Malaysia. (Foto/detikcom)
 

JAKARTA, hajinews.id – Pemerintah Malaysia melarang pemegang izin imigrasi jangka panjang dari Indonesia untuk masuk ke wilayah Malaysia mulai 7 September 2020 guna mencegah penularan virus corona (Covid-19).

Menteri Pertahanan Malaysia, Ismail Sabri Yaakob mengatakan bahwa selain Indonesia, warga negara asal India dan Filipina juga dilarang masuk lantaran tingginya lonjakan kasus Covid-19 di negara-negara tersebut.

“Langkah ini dilakukan atas saran Kementerian Kesehatan untuk mencegah kasus impor Covid-19menyebar di Malaysia. Komite Kabinet Khusus mengetahui lonjakan kasus positif Covid-19 di negara tertentu. Rapat memutuskan untuk memberlakukan pembatasan terhadap warga negara India, Indonesia dan Filipina untuk masuk ke Malaysia,” kata Ismail Sabri dikutip The Star, Selasa (1/9/2020).

Ismail Sabri menjelaskan warga dari tiga negara tersebut yang terdampak dari kebijakan itu termasuk mereka yang berstatus penduduk tetap, peserta Malaysia My Second Home, ekspatriat dan pemegang izin kunjungan profesional, pasangan warga negara Malaysia dan pelajar dari negara-negara bersangkutan, yang mana banyak dari mereka sebelumnya masih diizinkan untuk bepergian ke negara tersebut meskipun diberlakukan pembatasan perjalanan secara ketat.

Lebih lanjut Ismail Sabri menyatakan pemerintahnya juga akan memantau situasi di negara lain dan tidak menutup kemungkinan bahwa pembatasan yang sama dapat diberlakukan pada warga negara lain yang mengalami lonjakan kasus.

Otoritas kesehatan di negara ekonomi terbesar ketiga di Asia Tenggara itu telah mencatat lebih dari 9.300 kasus Covid-19 hingga Selasa (1/9/2020), dan 128 kematian, dengan kasus baru ditemukan dalam kelompok yang terdeteksi di setidaknya empat negara bagian.

India adalah negara ketiga yang paling terkena dampak pandemi setelah Amerika Serikat dan Brasil, dengan jumlah kasus virus corona mencapai hampir 3,7 juta pada Selasa.

Sebanyak 7.505 orang telah meninggal karena virus corona di Indonesia, tertinggi di kawasan ini, sementara Filipina, yang telah melaporkan lebih dari 224.000 kasus, telah mengalami peningkatan infeksi yang terus menerus. (rah/berbagai sumber)

Facebook Comments

Tambah Komentar

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: