BERANDA BERITA INFO HAJI UTAMA

Skema Haji 2021 Kemenag Dinilai Terlalu Dini

haji
ilustrasi berhaji. Foto: arab news
 

HAJINEWS.ID – Skema haji yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag) dinilai terlalu cepat untuk dibahas karena musim haji 1441 Hijriah baru saja berlalu.

“Terlalu cepat untuk ditanggapi, masih lama (haji). Terlalu cepat untuk kasih asumsi,” kata Anggota Komisi VIII DPR RI, Iskan Qolba Lubis kepada Ihram, Selasa (25/8).

Seperti diketahui, pemerintah tahun ini meniadakan pemberangkatan haji jamaah Indonesia ke Tanah Suci. Ini karena adanya pandemi covid-19.

Di samping itu, Arab Saudi juga menggelar haji secara terbatas, tidak mendatangkan jamaah dari luar negeri.

Menurut Iskan, saat ini vaksin covid-19 sudah mulai ditemukan. Untuk itu, dia menilai masih ada kemungkinan lain yang bisa ditempuh oleh pemerintah. Menurutnya, skema haji tahun depan tidak perlu dibuat terlebih dahulu oleh Kemenag.

“Vaksin sudah mulai ditemukan, ngapain bikin skema. Logikanya tunggu saja, sistem sudah ada tinggal meneruskan yang sudah ada, kebijakan itu saja,” ucap Iskan.

Menurutnya, sebaiknya mpemerintah enunggu hingga pada awal tahun depan. Isu ini juga merupakan masalah kesehatan dan perihal haji dari Saudi.

Kemenag mulai menyiapkan skema pemberangkatan jamaah haji 1442 Hijriah/2021M. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar mengatakan, bahwa pihaknya akan menyiapkan tiga skema pemberangkatan jemaah haji tahun mendatang.

Tiga skema dipersiapkan karena pandemi Covid-19 yang tengah melanda Indonesia dan dunia belum dapat dipastikan kapan berakhirnya. Skema pertama, covid sudah tidak ada atau kondisi normal dan kuota haji juga kembali normal.

Skema kedua, covid belum sepenuhnya hilang, sehingga ada pembatasan atau pengurangan kuota. Skema ketiga, jika wabah covid masih tinggi dan belum dapat tertangani, ada kemungkinan terjadi lagi pembatalan pemberangakatan jamaah haji. (wh)

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: