BERITA INFO HAJI UTAMA

Cara Cerdas Memilih Oleh-oleh Haji

 

HAJINEWS.ID,- Memberikan hadiah dan menyenangkan hati orang lain adalah salah satu amalan terbaik kepada sesama manusia yang di contohkan Rasulullah SAW. Pun begitu dengan jama’ah haji dan umrah, tradisi memberikan oleh-oleh dari Tanah Suci sudan menjadi tradisi yang melekat.

Kurma, air zamzam dan kacang arab sudah menjadi oleh-oleh yang dianggap wajib untuk diberikan selain karena khasiatnya ketiga makanan tersebut sangat khas dari Tanah Suci, tapi ketiga oleh-oleh itu tidak bisa jadi kenang-kenangan karena bisa habis dimakan.

Jika jama’ah ingin memberikan oleh-oleh yang dapat dikenang dan akan terus mengalirkan pahala, saran berikut dapat dipertimbangkan.

Sorban khas Tanah Suci

Sorban menjadi oleh-oleh yang khas dari Tanah Suci, bagi masyarakat Indonesia sorban merah lebih khas dari Tanah Suci daripada sorban berwarna lain. Dalam bahasa Arab sorban berwarna merah dinamakan Syigmagh dan jenis lainnya disebut ghutrhah yaitu sorban berwarna putih.

Oleh-oleh yang satu ini biasa dikenakan oleh pria untuk menunaikan sholat, dan digunakan dikepala dengan berbagai model, ada yang di lilit langsung dikepala, ada yang menggunakan peci dan di julurkan seperti kerudung dan lain-lain.

Untuk mendapatkan Syighmah atau sorban merah anda bisa membelinya di sepanjang jalan Misfallah, Makkah, Bin Dawood Superstores atau pasar oleh-oleh lainnya. Harga yang ditawarkan pun cukup murah mulai dari 25 riyal dengan kwalitas standart sampai 300 riyal dengan kwalitas super.

Kopiah atau peci

Peci bisa menjadi alternatif oleh-oleh pengganti sorban, karena bagi sebagian orang masih malu menggunakan sorban. Di pasar oleh-oleh bisa ditemukan peci khas afganistan, songkok, peci khas Turkey dan peci putih khas Arab. Harga peci ini pun terjangkau, umumnya ada banyak jenis peci yang bisa kita pilih, untuk amannya pilihlah yang berbahan benang rajut karena bisa menyesuaikan ukuran kepala si pemakai.

Mukena

Mukena digunakan oleh wanita untuk shalat, untuk membeli mukena memang membutuhkan dana lebih, tapi mengingat mukena digunakan 5 kali atau lebih dalam sehari bisa anda bayangkan berapa pahala yang didapat. Di Makkah maupun Madinah anda bisa menemukan jubah atau mukena yang beragam, karena tiap-tiap negara memiliki ciri khas sendiri.

Sajadah

Oleh-oleh yang satu ini bisa digunakan siapapun karena tidak memandang jenis kelamin, usia maupun ukuran tubuh.  Sajadah Arab biasanya tebal dan lebar sangat nyaman digunakan untuk sholat, dan motif khusus yang berbeda dengan sajadah Indonesia.
(Ihram).

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: