BERITA INTERNASIONAL POLITIK

Ilhan Omar, Pembela Palestina di Kongres AS yang Akan Digulingkan

Ilhan Pmar akan digulingkan
Ilhan Omar, anggota Kongres AS

Washington, Hajinews.id,- Anda tahu siapa Ilhan Omar? Dia adalah wanita muslim anggota Kongres Amerika Serikat kelahiran Somalia. Selama ini ia dianggap Trump sebagai ancaman besar dalam demokrasi Amerika Serikat.Ia kini sedang disingkirkan atau digulingkan dari kongres, karena selalu membela Palestina.

Kelompok Pro-Israel Amerikan Serikat telah mengumpulkan dana sebesar hampir 400 ribu dollar untuk mendukung penantang anggota Kongres Ilhan Omar dari Minnesota pada pemilihan bulan depan.

Mereka telah menyalurkan dana untuk kampanye Antone Melton-Meaux. Ia merupakan seorang pengacara yang merupakan penantang Omar untuk pemilihan pada 11 Agustus mendatang.

Omar sendiri telah membelanjakan sebesar 1 juta dollar AS. Lebih banyak 126 ribu dollar AS dari penantangnya. Suntikan dana dari kelompok Pro-Israel hadir karena ingin mengeluarkan anggota kongres wanita itu dari jabatannya. Mereka juga didukung oleh Komite aksi politik NORPAC, yang telah menyumbang sebesar 106 ribu dollar AS.

Pro-Israel AS didirikan pada Maret 2019, yang dijalankan oleh mantan staf Komite Urusan Publik Israel Amerika (AIPAC). Salah satu dari mereka, ketua dewan Jonathan Missner, mengatakan pada hari Rabu bahwa Omar telah “membuat komentar antisemit yang memecah belah dan terus bekerja melawan memajukan aliansi AS-Israel.”

Omar sendiri merupakan salah satu dari dua anggota Kongres Muslim wanita pertama, juga termasuk yang paling vokal dalam konflik Israel-Palestina. Misalnya, ia telah meminta AS untuk mengkondisikan bantuan kepada Israel terhadap Palestina.

Sebelumnya, pemerintah Israel menolak Omar dan anggota Kongres Amerika-Palestina Rashida Tlaib masuk ke negara itu tahun lalu. Karena mereka mendukung kampanye Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS) melawan Israel.(fur/dbs)

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: