BERANDA INTERNASIONAL UTAMA

Salat Idul Adha di Hagia Sophia Membeludak

Foto: ap

ISTANBUL, hajinews.id- Seperti masjid-masjid lainnya, Masjid Hagia Sophia hari ini juga menggelar Salat Idul Adha 1441 Hijriah. Ini adalah Salat Idul Adha pertama di masjid itu semenjak berubah status dari museum menjadi masjid.

Dikutip dari Dailysabah, Jumat (31/7/2020), Salat Idul Adha ini diikuti ribuan Muslim Turki. Salat Idul Adha dipimpin Kepala Kepresidenan Urusan Agama (Diyanet) Ali Erbas.

Saking banyaknya jamaah yang ikut Salat Idul Adha, halaman masjid juga penuh dengan jamaah. Meski demikian, mereka tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak shaf guna mencegah persebaran virus corona (covid-19) yang masih mewabah.

Setelah 86 tahun berdiri menjadi museum, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memutuskan mengubah Hagia Sophia menjadi masjid.

Salat Jumat perdana di Hagia Sophia dihadiri hingga 2.000 jamaah dan mengikuti protokol kesehatan ketat seperti mengenakan masker, hand sanitizer, dan menjaga jarak sosial.

Selama salat berlangsung, mosaik dan lukisan di Hagia Sophia yang menampilkan tokoh-tokoh ditutup sementara menggunakan tirai. (wh)

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: