Alhamdulillah Muslim Uyghur Tetap Aman Covid-19, Apa Rahasianya?

muslim uyghur
Muslim Uyghur (dok)


banner 500x500

banner 800x800





Jakarta, Hajinews.id,- Wabah Covid-19 di China sudah sampai Provinsi Xinjiang dimana muslim suku Uyghur berada. Namun hingga kini mereka tetap aman dan semoga kedepan demikian adanya karena mereka tetap selalu bersuci.

China Daily melaporkan Jumat (17/7/2020) bahwa lima penduduk lokal di Daerah Otonomi Xinjiang, China, dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Lima kasus baru itu ditemukan antara Kamis (16/7/2020) dini hari hingga Jumat (17/7/2020) siang, kata otoritas kesehatan setempat.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Media itu juga menyatakan bahwa semua kasus positif tersebut berasal dari warga Ibu Kota Daerah Otonomi Xinjiang di Urumqi. Sebanyak delapan kasus tanpa gejala juga ditemukan pada Jumat sehingga total kasus tanpa gejala menjadi 11 dan semuanya di Urumqi.

Saat ini 135 orang di provinsi paling barat di China itu dalam penanganan medis. Demikian disampaikan oleh otoritas kesehatan di Xinjiang seperti dikutip China Daily.

Dibandingkan dengan provinsi atau daerah otonomi lain di China, kasus Covid-19 di Xinjiang tergolong rendah. Sampai saat ini baru tercatat tiga kasus kematian Covid-19 di daerah otonomi yang paling banyak dihuni etnis Uighur itu sebagaimana data Komisi Kesehatan Nasional China (HNC).

Hingga Kamis (16/7/2020), di seluruh wilayah China terdapat 85.697 kasus positif dengan jumlah kematian 4.651 dan kesembuhan 80.445 orang.

Keberadaan muslim Uyghur yang tetap aman boleh jadi karena mereka tetap menjaga kebersihan sebagaimana diatur dalam protokol kesehatan, meski yang mereka laklukan adalah bersuci ala Rasulullah sehari minimal lima kali dalam shalat.

Diberitakan sebelumnya Hanny Kristianto, dari Mualaf Center Indonesia menyampaikan kabar terbaru dari Xinjiang China Kamis (6/2/2020) bahwa keberadaan muslim Uyghur mengejutkan dunia karena tk satupun dari mereka terkena Covid-19.

Bisa jadi hal itu disebabkan gaya hidup warga muslim Uyghur bersih dan senantiasa mencuci tangan, kaki dan wajah seperti berwudhu seperti yang dianjurkan ahli kesehatan dunia.

Tim dai dari Indonesia yang berhasil masuk ke Xinjiang dan berjumpa saudara muslim Uighur, @formasi1.official dan @ayogerakbareng menyalurkan bantuan langsung ke saudara muslim Uyghur di Xinjiang.

“Sampai detik ini tidak ada satu pun saudara kita Muslim Uighur di Xinjiang yang terkena virus corona, yang terkena 200 an orang semua orang Han (komunis China).” (fur/dbs).

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Komentar