BERANDA DAKWAH USTADZ

Salat Adalah Amalan Penolong Terbesar

Foto : Freepik

Salat Adalah Amalan Penolong Terbesar

Oleh: Zahir al-Minangkabawi

Jangan pernah merasa tangguh dan hebat sedikit pun dengan diri sendiri. Ingat, bahwa kita ini adalah makhluk yang lemah. Kalau bukan karena pertolongan Allah kita tidak apa-apanya.

Kewajiban kita minta tolong kepada Allah dalam setiap langkah hidup. Memohon dan selalu merengek-rengek di hadapan-Nya sembari mengerjakan amal kebajikan, di antaranya dengan sabar dan salat, Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu.” (QS. Al-Baqarah: 153)

Menjadikan salat sebagai penolong untuk mengapai kebaikan dunia dan akhirat. Bahkan, Imam Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan:

الصَّلَاةُ أَكْبَرُ العَوْنِ عَلَى تَحْصِيْلِ مَصَالِحِ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ ، وَدَفْعِ مَفَاسِدِ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ

“Salat adalah penolong terbesar untuk menggapai kemaslahatan dunia dan akhirat serta penolong terbesar untuk menolak mafsadat dunia dan akhirat.” (Zadul Ma’ad: 4/209)

Oleh sebab itu, jangan pernah melalaikan salat sedikit pun. Jadikanlah salat itu sebagai bagian tak terpisahkan dalam hidup. Penolong untuk mencapai cita-cita kebaikan dunia dan akhirat. Tidak ada kebaikan dari kesuksesan tanpa salat. Seorang yang berhasil tapi melalaikan atau bahkan tidak salat adalah istijrad dari Allah, tunggu saja pembalasan-Nya.

Semoga bermanfaat.

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: