DAKWAH MUTIARA HIKMAH UTAMA

Hikmah Siang: Jangan Lewatkan Harimu Tanpa Shalawat

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِيِّۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ صَلُّواْ عَلَيۡهِ وَسَلِّمُواْ تَسۡلِيمًا

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (QS.Al-Ahzab:56)

Mungkin kita telah banyak mendengar begitu banyak riwayat yang menyebutkan keutamaan Sholawat kepada Baginda Nabi Saw dan keluarganya. Khususnya di malam Jum’at dan di hari Jum’at.

Di hari yang mulia ini, dimana disebut sebagai Sayyidul Ayyam, kita tidak akan mengulas kembali keutamaan Sholawat. Namun kita akan mengingat kembali faedah yang akan di raih oleh seorang mukmin yang bersholawat kepada Baginda Nabi saw.

Sholawat adalah panggilan Allah kepada hamba-hamba yang telah dimuliakan dengan Iman. Sholawat kepada Nabi adalah wujud kepatuhan kita kepada Allah dalam menunaikan salah satu hak Rasulullah saw.

Siapa yang bersholawat kepada Nabi Saw dalam sholat wajibnya ataupun di tempat-tempat lainnya, maka ia sedang menjawab seruan Allah Swt.

Sholawat adalah satu-satunya perintah yang dicontohkan oleh Allah Swt bersama para Malaikat sebelum diwajibkan bagi hamba-hambaNya.

Adapun faedah dan keutamaan Sholawat yang didapatkan oleh orang yang melantunkannya, menurut berbagai riwayat adalah :

1. Sholwat mendekatkan seseorang dengan Nabi Saw.

2. Sholawat menambah tabungan kebaikan.

3. Sholawat adalah termasuk amal terbaik yang dicintai Allah swt.

4. Sholawat memberatkan timbangan amal.

5. Sholawat merontokkan dosa-dosa.

6. Sholawat mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya.

Allah Swt Berfirman :

هُوَ ٱلَّذِي يُصَلِّي عَلَيۡكُمۡ وَمَلَٰٓئِكَتُهُۥ لِيُخۡرِجَكُم مِّنَ ٱلظُّلُمَٰتِ إِلَى ٱلنُّورِۚ وَكَانَ بِٱلۡمُؤۡمِنِينَ رَحِيمٗا

“Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan para malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), agar Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.” (QS.Al-Ahzab:43)

7. Bersholawat dapat mengangkat penyakit kemunafikan.

8. Sholawat mengusir gangguan dan bisikan setan.

9. Sholawat mendatangkan kecintaan Allah Swt.

10. Sholawat mendatangkan syafaat di Hari Kiamat.

11. Sholawat adalah syarat terkabulnya doa.

12. Sholawat mengantarkan seseorang meraih hajat dan keperluannya.

13. Setiap Sholawat yang dibaca akan mendapat jawaban dari Baginda Nabi Saw.

Dan masih banyak lagi faedah yang akan didapatkan oleh orang yang Bersholawat.

Karena itu, mari kita perbanyak Sholawat kepada Baginda Nabi Saw dan keluarga sucinya hari ini. Dengan harapan agar Allah Swt segera mengangkat wabah yang menyerang umat manusia di seluruh dunia, dengan berkah Sholawat atas Nabi Muhammad saw dan keluarganya yang suci.

Semoga Bermanfaat…

(Khazanahalquran).

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: