BERANDA BERITA UTAMA

Soal Jokowi Marah, Fadli Zon: Yang Salah Menteri atau Presidennya?

Fadli Zon. (dok)

JAKARTA, hajinews.id – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, mempertanyakan kemarahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada para menterinya terkait kinerja penanganan pandemi virus Corona (Covid-19) yang dianggap lamban.

“Kinerja menteri apa kinerja presiden?” tanya Fadli ketika menjadi pembicara ILC bertajuk ‘Presiden Marah: Menteri Mana Direshuffle’, Selasa malam (30/6/2020).

Anggota Komisi I DPR RI itu mengibaratkan posisi Jokowi sebagai dirijen dalam suatu orkestra di mana selaku pimpinan orkestra, seharusnya Jokowi bisa mengakomodir menterinya. Terlebih beberapa kali Jokowi menegaskan bahwa tak ada visi-misi menteri, melainkan hanya ada visi-misi presiden. “Kalau itu terjadi, siapa yang salah, menteri atau presiden?” ujar Fadli Zon kembali mempertanyakan.

Berita Terkait

Fadli Zon menekankan bahwa yang diperlukan dalam menghadapi wabah Corona adalah masalah kepemimpinan. “Intinya masalah kepemimpinan. Ketika dihadapakan Covid, dihadapkan national leadership,” tegas Fadli Zon.

Secara terpisah, pengamat sosial politik Universitas Negeri Jakarta, Ubedilah Badrun, menilai kemarahan Jokowi dalam rapat kabinet menunjukkan kegagalan kepala pemerintahan mengendalikan para menterinya.

“Jadi pidato Jokowi marah itu sebenarnya ekspresi emosional dari kegagalannya sekaligus kekacauan mengendalikan para menteri,” kata Ubedilah dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/6/2020).

Pidato presiden yang marah itu,menurut Ubedilah Badrun, menunjukkan adanya kekisruhan di manajemen kabinet. “Itu menunjukkan betapa kacaunya manajemen Presiden dalam mendorong para menterinya untuk bekerja ekstra di tengah krisis,” jelas dia. (rah/berbagai sumber)

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: