Alhamdulillah, Jokowi Minta Tunda Pembahasan RUU HIP

Jokowi. Foto: Setneg
banner 500x500 banner 500x500

JAKARTA, hajinews.id – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md menegaskan, terkait perkembangan di masyarakat terhadap polemik RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP), Presiden Jokowi meminta pembahasan RUU HIP ditunda.

Menurut Mahfud, permintaan Jokowi ini disampaikan dalam pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (16/6).

Bacaan Lainnya

banner 400x400

“Sesudah Presiden berbicara dengan banyak kalangan dan mempelajari isinya, maka Pemerintah memutuskan menunda atau meminta penundaan kepada DPR atas pembahasan RUU tersebut,” kata Mahfud Md sesudah pertemuan.

Mahfud menuturkan keputusan Jokowi tersebut baru saja dibuat sehingga secara formal belum ada pemberitahuan resmi kepada DPR. “Makanya Menkumham kita ajak ke sini. Nanti Menkumham yang memberi tahu secara resmi sesuai dengan prosedur,” katanya.

Mahfud Md RUU menerangkan RUU Haluan Ideologi Pancasila adalah usul inisiatif dari DPR. Dengan keputusan Jokowi tersebut, dia memastikan, tak akan ada surat presiden ke DPR untuk melakukan pembahasan.

“Jadi pemerintah tak mengirimkan supres, tak mengirimkan surat presiden untuk pembahasan itu,” tuturnya.

Dia pun meminta DPR membahas kembali RUU Haluan ideologi Pancasila dengan mengundang berbagai elemen masyarakat.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, yang juga mengikuti pertemuan, memastikan prosedur sesuai ketentuan perundang-undangan akan ditindaklanjuti dengan DPR.

“Kami kan punya waktu 30 hari. Saya tak tahu tanggal pastinya, tapi bulan ini. Nanti kami sampaikan secara resmi (kepada DPR),” ucap Yasonna. (wh/tempo)

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
2
+1
1
+1
0
+1
0
+1
1
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *