BERANDA EKONOMI UMMAT

Satu Menit Satu Transaksi

 

Satu Menit Satu Transaksi

Oleh: Joko Intarto

Wajah Rizal Kurniawan tampak sumringah. Senyum mengembang tak henti-hentinya setiap membuka layar smartphone-nya.

Direktur fundraising Lazismu PP Muhammadiyah itu memang tengah gembira melihat pergerakan transaksi pembayaran zakat melalui aplikasi di website lazismu

Dalam laporan real-time itu terlihat bahwa pada hari terakhir Ramadan frekuensi transaksi terjadi setiap menit satu transaksi. Hingga malam ini, tercatat lebih dari 6.000 muzaki yang menyalurkan zakat secara online, dengan jumlah zakat sebanyak Rp 4,1 miliar.

Baru dua tahun terakhir ini Lazismu mengembangkan layanan bayar zakat secara online melalui official website-nya sendiri. Layanan ini berbeda dengan kanal-kanal pembayaran online yang digalang melalui aplikasi pihak ketiga lainnya.

Pada tahun pertama, jumlah transaksi terjadi sekitar 2.000 kali. Nominalnya Rp 2,5 miliar. Tahun ini transaksi naik 300 persen. Nominalnya pun meningkat 200 persen. “Tahun pertama itu catatan 12 bulan. Tahun kedua hanya 5 bulan,” jelas Rizal.

Dari data sederhana itu, bisa ditarik beberapa kesimpulan menarik:

Berita Terkait

1/ Kepercayaan muzaki terhadap Lazismu semakin tinggi.
2/ Kepercayaan muzaki terhadap website Lazismu dan aplikasi bayar zakat pada web itu semakin baik.

Pada sisi lain, fenomena itu menunjukkan bahwa masyarakat semakin akrab dengan pembayaran zakat melalui aplikasi online. Inilah fenomena terjadinya shifting atau pergeseran gaya hidup dalam berdonasi.

Saya belum mendapatkan data lebih rinci tentang profile muzakinya. Misalnya: dari daerah mana yang paling banyak. Kota besar, kota kecil, Pulau Jawa atau luar Jawa dan luar negeri. Berapa usia para muzaki itu? Berapa dari generasi X, Y dan Z.

Di masa depan, data menjadi sangat berperan penting. Semua akan menggunakan basis data dalam perencanaan dan aksi program. Demikian pula dalam manajemen zakat modern.

Dalam manajemen zakat, kepraktisan dan transparansi menjadi daya tarik tersendiri bagi para muzaki. Dua hal itulah yang dijawab oleh aplikasi online.

Praktis, karena:
1. Bisa bayar dari mana saja. Bahkan tidak harus keluar rumah.
2. Bisa bayar kapan saja. Aplikasi bayar zakat adalah amil yang tidak pernah tidur.
3. Bisa bayar dengan semua jenis uang. Konvensional oke. Digital pun tidak masalah.

Transparan karena:
1. Ada notifikasi keberhasilan transaksi yang menandakan zakat yang dibayar telah masuk rekening Lazismu.
2. Ada laporan jumlah penghimpunan, jumlah muzaki, dan jumlah program yang akan menjadi saluran distribusi.

Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin. Saat semua libur, ada satu amil yang tidak pernah berhenti melayani: Aplikasi bayar zakat Lazismu.

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar