BERANDA BERITA CORONAVIRUS UTAMA

Bamsoet Minta Pemerintah Jelaskan PSBB Secara Transparan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet). (Foto: Kompas)
 

JAKARTA, hajinews.id – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah agar dapat menjelaskan hasil dari pembahasan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta secara transparan untuk membangkitkan semangat masyarakat dalam melawan penyebaran wabah virus corona alias COVID-19.

Selain itu, kata Bamsoet, pemerintah perlu menyampaikan durasi pelaksanaan PSBB dapat diperpanjang disesuaikan dengan situasi dan kondisi perkembangan COVID-19 di Indonesia. “Saya juga mendorong pemerintah untuk dapat memenuhi kebutuhan pokok bagi warga yang membutuhkan,” kata Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Politikus Partai Golkar itu juga meminta pemerintah dapat bersikap tegas terhadap warga yang melanggar kebijakan PSBB tersebut dengan memberikan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bamsoet pun mendorong seluruh pemangku kepentingan, aparat keamanan, dan masyarakat dapat berkomitmen mematuhi dan menerapkan aturan dalam kebijakan PSBB sehingga penyebaran COVID-19 tidak lagi meluas.

Berita Terkait

Dia menambahkan masyarakat harus bekerja sama dengan pemerintah dalam memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan cara mematuhi apa yang disarankan pemerintah, khususnya terkait dengan PSBB di DKI Jakarta.

“Masyarakat mematuhi apa yang disarankan pemerintah, antara lain tetap berdiam di rumah, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan memakai masker jika harus keluar rumah,” ujar Bamsoet.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberlakukan PSBB mulai hari ini sampai 14 hari ke depan. Telah diterbitkan Peraturan Gubernur nomor 33 tahun 2020 yang mengatur PSBB di Jakarta. “Pergub ini memiliki 28 pasal dan mengatur semua kegiatan di DKI Jakarta, baik kegiatan perekonomian, sosial, budaya, keagamaan, pendidikan,” jelas Anies dalam konferensi pers di Balai Kota, Kamis malam (9/4/2020).

Anies menyebutkan beberapa hal perlu diperhatian sebagai aturan-aturan selama PSBB sampai dengan 23 April 2020 di antaranya yaitu masa PSBB bisa diperpanjang. (rah/berbagai sumber)

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar