DAKWAH MUTIARA HIKMAH UTAMA

Hikmah Siang: Petunjuk Alquran Menghadapi Wabah Penyakit

Hajinews.id,- Banyak petunjuk  Al-Qur’an dan cara-² yang dapat menerangkan jalan seorang mukmin untuk menghadapi permasalahan Wabah penyakit yang lagi melanda.

Allah Ta’ala berfirman:
Sesungguhnya Al-Qur’an memberi petunjuk kepada jalan yang lurus. (QS. Al-Isra[17]: 9)

1. Allah yang mentakdirkan musibah tersebut :

Diantara petunjuk-² Al-Qur’an yang sangat agung yaitu bahwasanya seorang hamba tidak akan ditimpa suatu musibah kecuali Allah telah menuliskan dan mentakdirkan musibah tersebut.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
Tidak ada musibah yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah dan barangsiapa yang beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, akan Allah akan memberi petunjuk kepada hatinya. (QS. At-Thaghabun[64]: 11)

2. Yang bisa mengangkat marabahaya hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala :

Seorang mukmin harus selalu yakin kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bahwasanya tidak ada yang bisa mengangkat marabahaya, tidak ada yang bisa menghilangkan kesulitan, tidak ada yang bisa mengangkat kesusahan kecuali Allah Tuhan semesta alam.

Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman:
Siapakah yang memperkenankan doa orang yang dalam kondisi kesulitan kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala jika ia berdoa kepadaNya dan menghilangkan kesusahannya dan menjadikan kalian pemimpin-pemimpin di muka bumi. Apakah ada Tuhan selain Allah? (QS. An-Naml[27]: 62)

3. Bertawakal hanya kepada Allah :

Allah Ta’ala berfirman:
Bukankah Allah cukup untuk melindungi hamba-hambaNya? (QS. Az-Zumar[39]: 36)

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman:
Barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, maka Allah akan mencukupinya. Sesungguhnya Allah akan menyelesaikan segala urusannya dan Allah telah menetapkan keputusanNya untuk tiap-tiap sesuatu. (QS. At-Talaq[65]: 3)

Berita Terkait

4. Memperbanyak doa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala :

Oleh karena itu seyogyanya seorang hamba menjadikan doa sebagai tameng dan memperkuat harapan dan memperbanyak doa kepada Allah ‘Azza wa Jalla.

Allah Ta’ala berfirma:
Dan Tuhan kalian mengatakan: Berdoa hanya kepadaKu, sungguh Aku akan mengabulkan doa kalian. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepadaKu akan masuk ke dalam neraka jahanam dalam keadaan hina dina. (QS. Ghafir[40]: 60)

5. Dunia ini adalah kehidupan yang penuh dengan ujian dan cobaan :

Kehidupan yang penuh dengan ujian dan cobaan. Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan makhlukNya dan menciptakan seluruh manusia untuk diuji oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Allah Ta’ala berfirman:
Allah, Dialah yang menciptakan kematian dan kehidupan agar menguji kalian siapakah diantara kalian yang terbaik amalannya dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. (QS. Al-Mulk[67]: 2)

6. Yang bisa menyembuhkan dan memberikan kecukupan hanyalah Allah :

Yang bisa menyembuhkan & bisa memberikan kecukupan hanyalah Allah Subhanahu wa Ta’ala, & perhatikanlah perkataan Khalilurrahman (kekasih Allah Subhanahu wa Ta’ala) yang Allah ceritakan dalam firmanNya,

Allah SWT mengatakan:
Dan apabila aku ditimpa penyakit, maka Dialah yang menyembuhkan aku. (QS. Asy-Syu’ara[26]: 80)

Ya Allah segerakanlah Hapus Virus CIVID-19 ini, Hanya kuasaMu yang manpu Mengatasi Segalanya. Aamiin Yarabbal’allamin.

 

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: