DAKWAH MUTIARA HIKMAH UTAMA

Hikmah Malam: Janji Allah Buat Orang Beriman

Hajinews.id,- Allah melalui firman-Nya dalam Alquran memerintahkan manusia untuk menyembah dan beribadah kepada-Nya. Di dalam Alquran pula terdapat janji-janji Allah kepada para hamba-Nya yang taat dan beriman.

Berikut ini adalah 4 hal yang Allah Subhanahu wa Ta’ala janjikan kepada hamba-hamba-Nya yang beriman.

Allah Akan Menambah Nikmat Hamba-Nya yang Bersyukur

Salah satu janji Allah Subhanau wa Ta’ala kepada hamba-Nya yang selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan adalah Allah akan menambah nikmat itu.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” [QS. Ibrahim ayat 7]

Allah Akan Kabulkan Do’a Hamba-Nya yang Berdo’a Kepada-Nya

Berdo’a merupakan salah satu cara seorang hamba untuk memohon pertolongan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sebagai manusia, kita harus sadar bahwa manusia adalah makhluk yang lemah dan hanya Allah Yang Maha Kuasa yang mampu memberikan pertolongan kepada kita.

Allah berjanji bahwa Dia akan mengabulkan doa hamba-hamba-Nya yang mau berdoa dengan sungguh-sungguh kepada-Nya, Allah berfirman,

Berita Terkait

“Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” [QS Ghafir ayat 60]

Janji Allah Untuk Mengampuni Hamba-Nya yang Bertaubat

Semua dosa pasti akan diampuni oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, kecuali dosa syirik.

Ya, Allah akan mengampuni dosa hamba-Nya yang mau bertaubat dengan sungguh-sungguh. Dalam Alquran, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

“Tetapi Allah tidak akan menghukum mereka, selama engkau (Muhammad) berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan menghukum mereka, sedang mereka (masih) memohon ampunan.” [QS Al Anfal ayat 33]

Dalam sebuah hadits riwayat Ahmad, diceritakan bahwa pada saat Iblis diusir oleh Allah, Iblis bersumpah untuk terus menyesatkan manusia.

“Iblis berkata: “Demi kemuliaan-Mu, Tuhan, aku akan menyesatkan hamba-Mu selama jiwa mereka ada di tubuh mereka.” Maka Allah berfirman: “Demi kemuliaan dan keagungan-Ku, Aku akan terus memaafkan mereka selama mereka memohon ampunan-Ku!” [HR Ahmad, 27627].

Allah Akan Mengingat Hamba-Nya yang Mengingat-Nya

Dalam setiap kehidupan yang kita jalani, sebagai Muslim kita harus terus mengingat Allah dalam setiap hal yang akan kita lakukan.

Dengan mengingat Allah, kita akan merasa takut ketika hendak melakukan hal yang salah, dan akan merasa tenang ketika berada dalam kesulitan, sebab kita percaya bahwa Allah akan menolong hamba-Nya.

Dalam Alquran, Allah juga mengatakan bahwa Dia akan mengingat hamba-Nya yang mengingat Dia.

“Jadi, ingatlah aku; aku akan mengingatmu.” [QS Al Baqarah ayat 152]

Itulah 4 janji Allah dalam Alquran kepada para hamba-Nya. Semoga kita semua selalu dalam lindungan dan mendapatkan pertolongan Allah Subhanahu wa Ta’ala. (dbs)

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: