Terancam Corona, Pelaksanaan Haji 2020 Belum Bisa Dipastikan

Menag Fachrul Razi. (Ist)
banner 500x500 banner 500x500

JAKARTA, hajinews.id – Penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020 yang akan segera tiba masih dibayangi ancaman wabah virus corona yang hingga kini tak kunjung reda. Kerajaan Arab Saudi sampai sejauh ini belum mengambil sikap terkait pelaksanaan ibadah haji tahun ini seiring dengan meluasnya virus corona ke berbagai penjuru dunia.

Menteri Agama Fachrul Razi menyatakan Kerajaan Saudi masih menunggu perkembangan kondisi dunia terkait meluasnya wabah corona. Sementara ini, Arab Saudi hanya menangguhkan izin perjalanan termasuk umrah ke negara itu.

Bacaan Lainnya

banner 400x400

“Kalau kita tanya (soal kepastian pelaksanaan haji tahun ini) jawabannya pasti sama lihat perkembangan lebih lanjut,” ujar Fachrul di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Selanjutnya Fachrul meminta seluruh masyarakat berdoa agar sebelum pelaksanaan haji penyebaran corona bisa berhenti.

Adapun pemerintah Indonesia berharap pemerintah Arab Saudi bisa segera mengeluarkan kepastian jauh-jauh hari agar tidak mendadak seperti penghentian umrah yang terjadi saat ini.

Menurut Fachrul pihaknya sudah melakukan langkah antisipasi terkait putusan yang nantinya bakal dikeluarkan pemerintah Arab Saudi. Namun Fachrul enggan mengungkapkan langkah antisipasi yang dimaksud ke publik guna menghindari kepanikan di masyarakat.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi sendiri telah mengumumkan kasus pertama virus corona dari warga Arab Saudi yang baru kembali dari Iran melalui Bahrain. Pihak berwenang kini mengisolasi dan memeriksa orang-orang yang berinteraksi dengan pria terinfeksi. (rah/berbagai sumber)

 

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *