BERANDA BERITA INFO HAJI UTAMA

Petugas Haji Diminta Contoh Kru Kabin Pesawat

Foto: antara

Jakarta, hajinews.id-Direktur Bina Haji Kementerian Agama (Kemenag) Khoirizi H. Dasir meminta petugas haji mencontoh petugas kabin pesawat (pramugari/pramugara) dalam bertugas.

Menurutnya, petugas kabin pesawat memiliki komitmen dalam memberikan pelayanan dan perlindungan kepada penumpangnya. Komitmen tersebut disebut juga harus dimiliki dan dilakukan petugas haji.

“Petugas haji juga harus mempunyai komitmen dalam memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jamaah haji,” kata Khoirizi, Ahad (23/2).

Tidak hanya komitmen memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jamaah haji, yang tidak kalah penting dari mencontoh pramugari adalah disiplin dalam memakai seragam. Seragam disebut wajib digunakan setiap hari selama bertugas.

Berita Terkait

Khorizi menyebut jamaah saat melihat seragam petugas, apalagi terdapat bendera Indonesia di lengannya, akan merasa aman dan nyaman selama beribadah. Petugas haji juga harus membawa iman jamaah haji sebanyak-banyaknya sehingga ibadah hajinya lebih sempurna. Menurutnya, kemabruran haji seseorang itu tidak bisa diukur, tetapi kesempurnaan ibadah haji seseorang bisa diukur.

“Misalnya melaksanakan thawaf tujuh kali, sa’i tujuh kali tidak lebih dan tidak kurang, sampai dengan wukuf di Arafah harus benar-benar sempurna,” ujarnya.

Ia menegaskan menjadi petugas tidak boleh menzhalimi jamaah haji. Menjadi petugas tujuan utamanya bukan untuk berhaji, haji adalah bonus.

“Petugas diminta luruskan niat, jangan bawa-bawa nafsu dan ego masing-masing, siapkan diri kita untuk melayani dhuyufurrahman,” ujar Khoirizi. (wh/rol)

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: