BERANDA BERITA EKONOMI UMMAT UTAMA

Industri Halal, Dana Zakat-Wakaf dan Bisnis Syariah Jadi Fokus hingga 2024

Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Foto Antara)

JAKARTA, hajinews.id – Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang menggelar rapat perdana bersama Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS) mengungkapkan terdapat empat fokus yang ingin dicapai dan ditargetkan hingga 2024.

“Yang ingin kita capai yaitu industri halal, industri keuangan, dana sosial-zakat dan wakaf, serta usaha berbasis syariah. Jadi 4 fokus ini yang kita kembangkan, yang nanti akan kita target sampai 2024 dari 4 fokus ini,” kata Ma’ruf di Istana Wapres, Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Terkait industri halal, Ma’ruf mengatakan ia ingin Indonesia menjadi produsen halal. “Nah industri halal, kita ingin tidak hanya sampai pada pemberian sertifikasi halal yang memang standar kita diakui di dunia. Tidak hanya konsumen halal tapi juga produsen halal, dan ini belum masuk di dalam ranking dunia. Kemudian industri keuangan sudah masuk, ada nomornya,” urai Ma’ruf.

Adapun menyangkut dana sosial-zakat dan wakaf, menurut dia, saat ini persentasenya masih kecil. “Masalah dana sosial itu sangat kecil, zakat masih 3,5%, wakaf masih di bawah lagi,” ujar Ma’ruf.

Adapun mengenai bisnis berbasis syariah dan industri keuangan, Ma’ruf menuturkan keduanya saling berhubungan. Menurut dia, industri keuangan tidak akan berkembang bila industri bisnis tidak berkembang.

Berita Terkait

“Bisnis syariah ini juga potensi, karena industri keuangan itu tidak akan berkembang kalau tidak berkembang bisnisnya, nasabahnya. Jadi kalau lembaga keuangannya itu mobil, nah pengusaha-pengusaha ini penumpangnya,” jelas dia.

Ma’ruf menambahkan, tidak ada hal yang lebih diprioritaskan dalam 4 hal tersebut. Dia mengatakan hal ini karena adanya saling keterkaitan. ” Semua prioritas, sebab sangat terkait.

Jadi tidak bisa dibilang mana prioritas, semua prioritas. Harus dikerjakan karena saling terkait, saya kira itu,”  tegas Ma’ruf.

Sementara itu Direktur Eksekutif KNEKS Ventje Rahardjo mengatakan KNEKS bakal fokus memperbesar ekosistem keuangan syariah guna meningkatkan peran perbankan syariah.

Dia mengatakan hal itu seiring dirilisnya Perpres No.28/2020 tentang Komite Nasional Ekonomi Syariah. Dalam aturan tersebut, wakil presiden akan berperan sebagai Ketua Harian KNEKS.

“Pak wapres menekankan bisnis usaha syariah perlu secara khusus didorong. Beliau juga menekankan industri halal menjadi penting, apalagi momentum sekarang karena impor dari China mungkin agak terhambat. Ini harusnya jadi kesempatan industri halal di Indonesia lebih aktif,” jelas Ventje seusai rapat dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. (rah/berbagai sumber)

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: