Wagub Emil Dardak: Ubah Pola Pikir Perencanaan Pembangunan

Wagub Jatim Emil Dardak (tiga kiri) didampingi akademisi Prof Rhenald Kasali (dua kiri) bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov. (Foto: Humas Pemprov Jatim)
banner 500x500

SURABAYA, hajinews.id – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak berpesan kepada para pemangku kebijakan di wilayahnya untuk mengubah pola pikir terkait proses perencanaan pembangunan tahun depan.

“Ini kan menjelang penyelenggaraan Musrenbang RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) 2021 maka sangat penting perubahan pola pikir bagi para pemangku kebijakan sehingga tak linier lagi,” kata Emil di sela-sela diskusi bertema Breakthrough Ideas, Innovation and Action for better East Java by Nawa Bhakti Satya bersama Prof Rhenald Kasali di Surabaya, Kamis (6/2/2020).

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Emil menjelaskan, pola pikir yang dibangun bukan lagi soal tentang program kerja berkelanjutan atau bahkan dihentikan dari tahun sebelumnya, akan tetapi lebih kepada kesiapan Jawa Timur dalam menghadapi tantangan global sesuai dengan posisi dan kondisi Jatim pada saat itu.

“Pokoknya 2021, tantangan globalnya apa, Jawa Timur posisinya dimana, kita harus seperti apa. Nah, itu mindset atau pola pikirnya,” ucap orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut.

Mantan Bupati Trenggalek itu meminta agar Bappeda Pemprov Jatim, Bappeda kabupaten/kota dan perwakilan OJK serta Bank Jatim yang nantinya berperan penting dalam perencanaan pembangunan Jatim ke depan.

Sementara itu, pakar manajemen Prof Rhenald Kasali menyampaikan Jawa Timur merupakan wilayah yang memiliki kekuatan domestik sehingga perlu terus dipacu untuk terus berkembang dan melakukan inovasi-inovasi di masa depan demi peningkatan ekonomi di masyarakat.

“Jadi harus menciptakan hal baru. Kemudian, partisipasi masyarakat dalam ekonomi perlu dilibatkan karena sekarang crowd itu terhubung dengan mobilisasi dan orkestrasi,” ujar Rhenald. (rah/Ant)

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *