Kuota Haji 2020 adalah 221 Ribu Orang

banner 800x800 banner 678x960

Makkah, hajinews.id-Menteri Agama RI Fachrul Razi baru saja bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Mohammad Saleh bin Taher Benten, Rabu (4/12) kemarin.

Pertemuan yang berlangsung di Makkah itu membahas persiapan haji tahun 2020. Setelah pertemuan, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara pemerintah RI dan Arab Saudi.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Jawa Pos melaporkan, Menag mengajukan beberapa permohonan kepada Saudi. Di antaranya menyangkut perluasan layanan fast track, tambahan kuota, keringanan biaya, serta layanan lain terkait jamaah haji.

”Alhamdulillah, kita sudah menandatangani MoU dengan pemerintah Arab Saudi. Kesepakatan sementara, kuota haji tahun 2020 adalah 221 ribu. Insya Allah jumlah tersebut bisa bertambah. Pak Menteri sedang berusaha minta tambahan dari pemerintah Saudi,” ujar Direktur Bina Haji Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Khoirizi Dasir.

Menurut Khoirizi, pada musim haji 2019, layanan fast track hanya ada di Bandara Soekarno-Hatta. ”Pak Menteri berharap layanan dapat ditingkatkan lagi di sejumlah embarkasi. Hal ini sesuai arahan Bapak Presiden agar persiapan haji tahun 2020 lebih baik dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Nizar mengatakan, Menag tetap berupaya melobi pemerintah Saudi agar kuota haji Indonesia dinaikkan menjadi 231 ribu. ”Menteri Agama telah bersurat kepada menteri haji dan umrah Arab Saudi, meminta agar kuota dasar ditetapkan menjadi 231.000,” terang Nizar. (wh/jawapos)

 


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *