Saudi Hapus Biaya Visa Haji Indonesia, Menag: Terima Kasih

Jamaah Haji Indonesia (Japos).




Jakarta, hajinews.id,-  Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengapresiasi rencana Arab saudi menghapus biaya visa haji bagi Jamaah Haji Indonesia. Hal ini yang dibicarakannya dengan Duta Besar Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi di Kantor Kemenag Rabu (29/11/2019).

“Saya minta beberapa hal, beliau langsung dukung. Misalnya contoh, saya bilang, Pak saya dengar akan ada diupayakan membayar visa, itu baru rencana saja, akan dibatalkan itu. Makasih saya bilang,” kata Fachrul di Jakarta, Rabu (27/11).

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Dalam kesempatan itu, Fachrul juga meminta agar pelayanan di Mina dapat ditingkatkan. Sehingga para jamaah haji asal Indonesia yang melaksanakan ibadah haji bisa lebih nyaman.

“Mungkin enggak Pak pelayanan di Mina ditingkatkan? Akan saya usahakan katanya, masalahnya di Mina bukan pelayanannya utamanya, tempatnya memang sempit. Kami minta bantuan beliau dan beliau sangat kooperatif sekali,” ucap Fachrul.

Pada pertemuan itu, lanjut Fachrul, pihaknya mengapresiasi Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang telah menghapus biaya visa kepada jamaah haji Indonesia.

Oleh karena itu, dia mengharapkan agar layanan fast track ada di sejumlah embarkasi di Indonesia seperti di Solo, Surabaya, Medan, dan Makassar. “Musim haji tahun 2019, layanan fast track hanya ada di Bandara Soekarno Hatta. Kami berharap layanan ini dapat ditingkatkan lagi di sejumlah embarkasi,” jelasnya.

Lebih jauh Fachrul menyatakan, pada Desember 2019 nanti ia akan bertandang ke Arab Saudi untuk menjalin MoU terkait persiapan haji 1441H/2020. Dia pun akan memastikan MoU tersebut tidak ada penundaan. (fur/JawaPos).

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.