Awas Resesi Ekonomi 2020 Diprediksi Paling Parah

Bhima Yudhistira Adhinegara. (ist)




Jakarta, hajinews.id,- Situasi perekonomian yang tak beranjak boleh jadi menjadi tanda tanya besar apakah tahun depan akan baik-baik saja. Yang terjadi malah diprediksi dunia akan terjadi resesi ekonomi.

Okezone menulis kondisi perekonomian global saat ini berdampak pada perekonomian Indonesia. Penurunan secara simultan pada seluruh aktivitas ekonomi ini turut menciptakan keadaan di mana pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal atau lebih.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Ekonom Indef Bhima Yudhistira menilai, saat ini resesi sudah lebih kompleks dibanding pada era 1998. Bahkan perang dagang tidak bisa disimpulkan jadi penyebab utama resesi. Masih terdapat faktor lain seperti Brexit maupun kondisi geopolitik Asia yang juga tak baik.

“Resesi ekonomi 2020 diperkirakan akan jadi resesi yang lebih parah dari 1998. Bahkan sepertinya akan pulih pada 2023-2024,” ujarnya, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Instrumen ekonomi yang dimiliki Indonesia, seperti UMKM pun dirasa tak cukup kuat untuk menghadapi resesi. Padahal dulu UMKM begitu diandalkan dan digadang-gadang dapat membantu kestabilan ekonomi negara. Jadi waspadalah, siapkan kencangkan ikat pinggang. (fur/okz).

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.